persepsi lain tentang cemburu

Malam menjelang pagi (krik…krik…krik…) , gw masi terdampar di sekre himpie,,akibat internet kosan mati yg mengharuskan gw untuk hijrah dan memenuhi kebutuhan untuk berhubungan dengan dunia maya melalui akses AI3 kecepatan tinggi di kampus. Sehabis mengerjakan peer dari vinta, memposting cerita equilibrium barusan,,,gw jadi iseng untuk googling frenzy. Kali ini keyword yg menjadi primadona adalah cemburu …. (…setelah grey anatomy dan semanggi).

Seperti biasa, ribuan artikel terhampar dan gw hanya memilih beberapa diantaranya berdasarkan urutan posisi di halaman hasil pencarian google. Untuk sementara definisi yang gw pakai untuk menjelaskan arti cemburu adalah merasa tidak terima terhadap apa/siapa yang dekat/berhubungan dengan apa/siapa yang sangat berharga bagi kita. Dari definisi,,,terlihat dengan jelas,,,bahwa cemburu itu luas maknanya…tp, berhubung yg paling dekat dan asosiasi terbesar dari kata cemburu adalah pada masalah orang yang sedang menjalin cinta…maka gw juga mengambil persepsi dari scope ini saja.


nah…faktor yang menyebabkan cemburu barangkali banyak banget,,,jika digolongkan mungkin bisa menjadi dua saja , internal dan eksternal.
  1. Internal,,,perasaan cemburu akibat dari diri sendiri,,,misalnya tidak pede dengan pasangan (pacar artis,,,badannya lebih tinggi,,,atau lebih pinter + sang pacar acapkali menggunakan kekurangan ini untuk bahan olok2an).
  2. Eksternal,,,adanya jarak, dan kemungkinan kehadiran orang ketiga yang lebih dekat,,,satu kota,,satu universitas,,satu apa lagi ???
Lalu apa ciri-ciri orang yg cemburu ?


Ciri-ciri orang yang cemburu, ia akan bersifat possesif, menanyakan segala hal dengan sedetail mungkin, mengkomentari banyak hal terutama hal-hal fisik dan juga kemampuan intelektual

Pernah mengalami hal demikian ??? Maka percayalah,,bahwa anda sedang dilingkupi rasa cemburu. Mau melawan atau menyerah ? itu pilihan dan hak ANDA !!!
Jika cemburu terjadi, dan kebetulan anda adalah pihak yang dicurigai,,,ada artikel yg menyarankan beberapa hal,,,,berikut point2nya :

Jangan mengkomentari setiap kekhawatirannya dengan emosi tapi Anda harus tetap tenang

Anda yang cemburu juga jangan terlalu berlebihan. Tingkatkan rasa percaya kepada si dia

Berikan waktu yang lebih untuk pasangan Anda supaya ia bisa tenang pula dan dapat berpikiran secara logis

Anda yang cemburu juga harus cepat berpikir dari keadaan emosi menjadi rasional.

Berikan jaminan kepada pasangan Anda bahwa Anda berkomitmen sungguh-sungguh.

Anda yang cemburu juga,hargai komitmen yang sudah diberikan…jangan tiba2 ngilang buat ngeprint tugas yang malah bikin si dia sebel.


Sebagian orang, ada yg berpendapat,,,bahwa rasa cemburu yg timbul justru dapat mendekatkan diri dengan pasangan kita. Pda saat kita merasa bahwa pacar punya perhatian khusus kepada orang lain, dan rasa cemburu mulai terbit,,, DON’T PANIC. Berusahalah mengelola rasa cemburu itu. Maka, lahir lah teori manajemen cemburu



Ingatlah bahwa rasa cemburu lebih berkaitan dengan hal-hal yang mungkin akan terjadi, dan bukan apa yang sedang terjadi

Proyeksikan kemungkinan itu,cegah bila perlu,,
tingkatkan perhatian, tambahlah kunjungan dan sebagainya
.
Berikan pengertian tentang kebutuhan mu
akan diri nya


Sadarilah bahwa menuduh pacarmu berselingkuh tanpa alasan yang jelas akan merusak hubunganmu dengannya

Hati-hati,,menuduh juga perlu bukti,,,jgan asal2 an,,, penjahat pun tidak bisa masuk bui kalo bukti belum jelas. Tapi, gak usah mencari2 bukti berlebihan jg

Jangan terus-menerus memikirkan perasaan cemburumu tadi, karena itu hanya akan membuatnya semakin kuat.

Oh…pantesan,,,,ya udah cari kegiatan lain (..walau kadang mungkin kepikiran juga…)

Sigma kemampuan itu SAMA !!!!
Nggak perlu membandingkan apapun. Toh,setiap orang punya kelebihan sendiri-sendiri, keunikan masing-masing. Meski kalah tinggi, kalah cakep,,atau kalah yg lainnya,,,pasti ada hal yg bisa kita banggakan. Toh, meski dengan segala ke-ada-an kita pun,,,sang pacar sudah memilih kita. Bisa jdi, sifat sabar dan tidak meledak-ledaklah yg mnjadi daya tarik awal sang pacar dulu. Apa jadinya kalo sekarang berubah ? Bisa ilfil malah…hehe…history terkadang punya kekuatan yg dahsyat untuk mengikat,apalagi jika kamu sudah berpacaran cukup lama…

Coba kenalan …
Jika kebetulan sedang melihat inbox hape sang pacar, dan ada sms dari co yg gak dikenal,,, jangan langsung curiga . Siapa tahu itu hanya temen biasa aja,,,yah,,,anggap aja kalo kita sedang sms dengan temen biasa kita juga, dan kita juga bener2 ngerasa gak ada apa2 dengan sang temen tadi. Barangkali, dengan mengenal setiap makhluk di lingkungan pergaulannya tidak ada lagi alasan untuk cemburu (..kalau jauh gimana ?…) dan kalau nama-nama yang selama ini dicemburui ternyata wujud aslinya kalah oke dari kita gimana ??? (..hanya tuhan dan dia yg tahu kan ? …)

Jadilah sibuk….
Mayoritas waktu dihabiskan untuk memikirkan kemungkinan si dia berselingkuh ? Kurang kerjaan deh sumpah. Sehari ini, sepertiga nya untuk tidur,,,masa sisanya mau dipake buat nguras otak mikirin keadaan si dia sedang bersama siapa-dimana-ngapain ???
Biar gak terjebak situasi,,,berusahalah melakukan aktivitas yg dapat mengurangi waktu untuk cemburu. Cemburu buta sesungguhnya dapat membunuh kreativitas seseorang loh.. (membunuh semangat koding,,,dsb)

Fiuuu…..h,,,
jadinya panjang gini…
padahal ide awalnya dikit loh…
meski gw ngomong ini itu
kutip sana sini

saying is easy,doing is difficult..

tetep aja kalo gw yg lagi cemburu…nasehat apa pun gak mempan
penjelasan apa pun tidak relevan
kejadian apa pun tampak menyakitkan

yang menggerakkan hati untuk cemburu adalah rasa ketakutan akan kehilangan
karena ketika kehilangan itu terjadi
hanya ada satu pihak yang tersakiti
yaitu hati yang sabar menanti
tapi terkhianati

3 thoughts on “persepsi lain tentang cemburu

  1. aah..ga seru ah postingan revisiannya..
    gpp lagi pud yg awal td,,ga usah tiba2 terpaksa berubah (walopun sdikit sarkasme)

    tp yang..
    “Anda yang cemburu juga,hargai komitmen yang sudah diberikan…jangan tiba2 ngilang buat ngeprint tugas yang malah bikin si dia sebel”
    waah,,ini bener bgt nih!! siapa yg butuh siapa yg cuek?!!

    mending postingan ini sama yg awal dicombine aj pud,,okeh dah tuh! he..

  2. Blog siapa ni???
    Tak kasih jejak aaaah… (^_^)

    ini jejak yang lain lhooo..
    beda ama yang di atas πŸ˜›

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s