eksploitasi

Dari kemaren saya juga rada heran kenapa Budi Anduk belakangan jadi terkenal banget. Ternyata si komedian ini menjadi host sebuah acara semacam Empat Mata (yg berhasil memunculkan Tukul) , dinamakan Untung ada Budi Anduk.

Apa yang ditawarkan dari acara ini memang tidak begitu baru. Bahkan konsep host yg belatar belakang komedian sangat-sangat mirip dengan bukan empat mata. Sang host pun sering self-depreciated (mengata2 diri sendiri). Dan, tentunya cara si host yang mengetahui pertanyaan tidak dari laptop tetapi dari buku yang dipegang asistennya (si untung) bener2 memberi konsep yang sangat serupa jika tidak ingin dibilang plagiat.

Belum selesai observasi saya, setelah melihat jalan nya talkshow pun kembali banyak hal yang menjadi perenungan tersendiri. Melihat bintang tamunya memang sangat wow, Ada Sarah Azari, Sheila Mercia, Julia Perez , Saiful Jamil dan Mely. Tapi sayang, acaranya jadi jualan dengan cara yang tidak pantas bahkan menurut saya pertanyaan terlalu menjurus eksploitasi dan cenderung sexual harassment khususnya jika pertanyaan diarahkan ke Sarah Azhari dan Jupe.

Anehnya, hal seperti itu menjadi bahan tertawaan bagi host, penonton dan yah apa boleh buat saya juga. Pertanyaan/pernyataan ambigu seperti host budi anduk yang menyebut nama Jupe sebagai Julia Perez (dengan e lemah), pertanyaan ke sarah mengenai gaya tidur yg dia gunakan shingga pertumbuhannya bagus (sungguh ambigu kalau yang ini), belum lagi colek sana sini dan liat kemana-mana. Arrrggg…….. Jadi inget temen saya , Ical yang bilang kalo di Indo tuh lawakannya masih bekisar di daerah mukul/namparin temen sendiri, ngatain diri sendiri dan sexual harrasment yang malah jadi lucu. Aneh memang….

Sebenarnya tidak ada larangan sih ya .. toh berhubung para cewek tadi saya tidak kenal secara pribadi. Mungkin karena tidak ada hubungan juga saya menjadi permisif saja jika mereka diperlakukan seperti itu. Cuma , jadi kepikiran, kalau yang jadi bintang tamu itu teman saya, sahabat saya, pacar atau orang yang saya kenal baik. Saya rasa saya pasti tersinggung jika itu terjadi.

One thought on “eksploitasi

Leave a Reply

