Who Click Me ?

Dalam develop Multipoint Application, kita sering bekerja untuk menentukan “siapa melakukan apa”, atau lebih tepatnya, “mouse mana mentrigger apa”. Hal ini tentu tidak sulit dilakukan karena setiap multipoint mouse object diassign unique ID ketika diinisialisasi. Skenario nya bisa beragam dan dapat kita implementasikan untuk berbagai keperluan.

Melanjutkan postingan sebelumnya, pada sebuah permainan terkadang kita ingin menyediakan halaman bagi pemain untuk dapat mengetikkan nama mereka. Dalam game biasa, kita dapat memanfaatkan keyboard. Pada Multipoint Application ini, agar dalam satu waktu kita dapat membiarkan tiap pemain mengetikkan nama mereka, tentu harus menggunakan approach yang berbeda. Nah,cara yang dapat kita gunakan adalah menyediakan virtual keyboard pada layar permainan.

Contoh sederhana,seperti yang akan saya contohkan berikut ini. Kita sediakan sejumlah MulitpointButton – control yang ada pada samples v1.1 – untuk digunakan sebagai pengganti tuts-tuts pada keyboard. Cukup kita assign karakter yang bersesuaian. Lalu untuk setiap button tersebut, tambahkan event handler yang sesuai, yang tentunya harus berupa multipoint event  agar menjadi multipoint aware. Isi event handler nya berupa method untuk mencari mouse mana yang mentrigger. Hal ini kita lakukan dengan melakukan iterasi pada mousedevicelist – koleksi tempat multipoint object menyimpan daftar mouse.

Kita juga membutuhkan usercontrol untuk menampung tulisan yang dibuat para pemain. Dalam contoh sederhana ini terdapat user control yang terdiri dari image, textbox dan device info. Image berguna untuk menampung cursor image para pemain – untuk memudahkan identifikasi. Textbox untuk menampung tulisan dan deviceinfo untuk reference ke mouse-mouse yang ada pada mousedevicelist.

Ketika aplikasi dijalankan, mode multipoint belum aktif. Tekan Ctrl+M untuk membuatnya aktif, dan otomatis terdapat usercontrol sejumlah mouse yang tersambung pada mesin. Sekarang, para pemain dapat memasukkan nama identifikasinya dalam permainan. Biasanya inisial, di game2 lama dibatasi 3 huruf dan lain-lain. Pada game yang sedang saya kerjakan,halaman ini berguna untuk identifikasi pemain, selain pemilihan image cursor yang telah saya bahas pada postingan sebelumnya.

setelah menekan enter

Yang tertarik, kode tersedia disini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s