mata kuliah semester 7 dan alasan mengambilnya

Rasanya setiap awal semester, kisruh pemilihan mata kuliah sudah menjadi hal yang biasa bagi kita. Namun, berbeda dari biasanya,semester 7 menjadi lebih kisruh lagi, karena mata kuliah yang wajib – yang mengurangi beban kita memilih – hampir sudah semuanya diambil. Hal ini menyisakan mata kuliah pilihan yang cukup banyak jumlahnya, sementara preferensi orang kini sudah  berbeda-beda. Singkat kata, di semester 7 orang-orang mulai memencar mengambil mata kuliah tidak seperti sebelumnya yang telah jelas harus mengambil apa.

Maka biasanya kita mulai mencari teman, membujuk teman untuk ikutan mengambil mata kuliah tertentu, mengambil mata kuliah yang banyak diambil oleh kakak kelas,mengambil mata kuliah yang dosennya enak, nilai nya mudah dan alasan-alasan lain yang menjadi pembenaran bagi kita untuk memilih mata kuliah tertentu. Seru sekali, tarik menarik orang, lobi sana-sani, cari info akurat mengenai dosen dan mata kuliah tertentu.

Untuk semester ini,saya pun cukup kebingungan menentukan mata kuliah meski sudah membuat draftnya sejak perubahan kurikulum lalu. Demikian daftar mata kuliah yang saya ambil dan alasan mengapa mengambilnya.

versi draft

Versi draft ini merupakan rancangan awal perkuliahan yang sudah saya susun diakhir semester 4,disesuaikan dengan perubahan kurikulum dan mata kuliah yang saya minati. Tadinya daftar ini berisi :

KP -> kuliah wajib yang bertujuan “mempertanggungjawabkan” hasil kerja praktek selama liburan. Alasan mengambilnya sudah jelas, kuliah ini wajib

PPL->kuliah wajib jalur RPL yang katanya cukup seru dengan pengerjaan proyek secara SDLC lengkap selama satu semester. Alasan mengambil kuliahnya sudah jelas, karena jalur pilihan saya RPL, mata kuliah ini menjadi wajib

MPPL-> kuliah manajemen yang diwajibkan ITB bagi mahasiswanya sebanyak 3 sks. Untuk anak if sudah difasilitasi dengan kuliah ini. Alasan mengambilnya karena kuliah ini wajib.

TA I -> kuliah wajib jika ingin meluluskan diri dari pendidikan tinggi di ITB. Alasan mengambil kuliahnya karena kuliah ini wajib

STBI -> kuliah pilihan if. Alasan terbesar mengambil mata kuliah ini karena katanya dosennya “murah” nilai. Setidaknya begitu kata temen2 angkatan atas diperkuat dengan hasil tahun lalu yang bertipe biner A/E,dimana E diberikan bagi mahasiswa yang terlalu amat sering bolos. Luar biasaaa

SIE -> kuliah jurusan STI. Sistem Informasi Enterprise meski tidak tahu apa yang akan dipelajari di kuliah ini dari namanya sudah cukup keren dan agak deskriptif. Alasan terbesar karena ini adalah kuliah STI -untuk memenuhi jatah non program studi. Alasan lain, karena saya asisten di lab SI ,setidaknya alasan ini digunakan untuk mengajak titz ngambil mata kuliah ini.

SBP -> kuliah pilihan if. Rencananya mau ditaro buat pilihan bebas, karena pilihan if saya sudah penuh dengan stimik,kripto dan STBI. Alasan terpenting karena saya senang dengan kuliah yang diajar bu masayu,konon kuliah ini selalu diasuh beliau.Namun tahun ini berbeda,tapi daftar kuliah ini tetap saya ambil.

Kandidat kuliah lainnya adalah BDNR, tidak jadi diambil karena alasan dosen,APBO yang urung karena alasan yang sama. Sempet tertarik TekBD namun urung demikian juga dengan RUS – tidak dibuka. Tapi,lebih tepatnya tidak jadi diambil karena mata kuliah nya sudah penuh.

versi hingga sabtu 8 Agustus 2009

perubahan signifikan adalah pemilihan kuliah Interpretasi dan Pengolahan Citra yang menggantikan kedudukan STBI

KP,TA,MPPL,PPL,SIE tetap dipilih dengan alasan yang tidak berubah

Interpretasi dan Pengolahan Citra ->setelah berbicara dengan orang2 bijak angkatan atas, pilihlah kuliah pilihan dengan kriteria : a. Membantu topik TA – setidaknya menurut perkiraan awal b. Dapat mengenalkan dengan dosen yang kita inginkan menjadi pembimbing TA. Alasan terbesar akhirnya memilih kuliah ini karena dua alasan tadi. Rencana topik TA datang disaat2 akhir, setelah berbicara panjang lebar dengan seorang calon dokter gigi universitas kenamaan di Indonesia. Usulannya sangat menarik dan menantang, dan setelah banyak ngobrol dengan salah satu asisten kuliah ini tahun lalu,beliau berkata kuliah ini memang tepat jika saya menginginkan realisasi dari rencana tadi. Beliau juga menyemangati dengan mengatakan bahwa kuliah ini tidak memerlukan grafika sebagai dasar,karena sesungguhnya Grafika dan PengCit adalah dua area yang berbeda.

SBP-> setelah dapat ide rencana topik TA, akhirnya SBP menjadi penting karena dibutuhkan untuk pengetahuan pelatihan aplikasi nantinya. Diduga dalam kuliah ini ada kelanjutan dari AI pada semester lalu.

akhirnya STBI tidak jadi diambil – meski cukup menggiurkan – karena diduga  mungkin tidak berhubungan dengan rencana topik TA utama dan backup plan yang disediakan. Semoga saja perkiraan saya benar.

Namun demikian, perubahan sewaktu-waktu dapat saja hadir sebelum perwalian tiba. Yang jelas rencana 15 sks saya semester ini tidak terealisasi karena akhirnya saya memutuskan untuk mengambil 18 SKS saja – berkurang 4 SKS dari semester lalu.

Semoga rencana yang sudah saya susun terealisasi. Target mirip Nanto. Amiiin.

3 thoughts on “mata kuliah semester 7 dan alasan mengambilnya

  1. ja, aku ga jadi ngambil Citra, dengan alasan banyak tugas, pingin mengerjakan sesuatu yang lain soalnya, hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s