siap menang,siap kalah, dan siap kecewa

Hari ini tanggal 13 Agustus. Kemarin tanggal 12 Agustus. Bah, semua orang sudah tahu itu. Tapi tidak semua orang tahu bahwa kemaren saya sibuk mantengin browser, nge-klik Home nya kompas.com di sekitaran jam 10 nya WITA dan jam 3-nya WITA, demi mendengar dua berita penting yang saya sangat penasaran.

Berita pertama, adalah pengungkapan identitas MR X – sekarang diketahui sebagai Ibrohim – yang menjadi target operasi tim Densus 88 – sekarang malah bertanya2 kenapa namanya ada embel2 88 –  pada sabtu minggu lalu. Saya menyimak secara langsung, dengan posisi tergolek di atas kasur karena hari libur, malas bergerak dan mata tertuju pada layar tivi salah satu stasiun swasta yang menyiarkan detik2 penyerangan itu. Sungguh seru, sayang tidak ada gambar live, tapi well,,seru. Makanya ketika dari Polri menyatakan bahwa konfrensi pers akan diadakan kemarin itu saya sibuk sendiri pengen tahu hasilnya.

Karena setelah penyerangan terjadi, berbagai spekulasi beredar seperti lalat mengerubungi bak sampah, banyak betul yang bicara ini itu. Sungguh seru juga melihat orang beragumentasi dengan data tidak primer yang ia miliki. Berita pagi dari Polri,tampaknya mereka sedikit kecewa karena gembong teroris yg digadang2 sudah berhasil diringkus,masih hidup. Pembicaraan dengan salah satu teman saya sempet berujar,”Duh gimana ya kalau ternyata Bang N masih hidup,kali dia ketawa ya ngeliatin pemberitaan ?”. Wah,,,bisa jadi juga tuh, dia ngeliat dari televisi pas siaran penyergapan, saya deg-degan beneran yang meninggal itu dia apa bukan, eh malah dia santai-santai aja. Waduh,amit2 deh.

Berita kedua, adalah hasil putusan sidang MK tentang sengketa pilpres. Dengan jujur saya berujar, saya tidak memilih pada hari-H. Dengan jujur pula saya menjadi salah satu pendukung calon, sering berdebat dengan teman atau bahkan pacar sendiri – yang kadang malah jadi kebawa2 dan dia jadinya marah beneran :p – tentang siapa yang pantas untuk jadi presiden berikutnya. Kali ini saya kecewa, karena sudah berkali2 klik HOme, refresh, namun berita hasil tak kunjung keluar.

Hingga jam kantor KP beres pun, belum ada hasilnya. Saya pulang dengan kecewa. Sesampainya dikosan, saya menghidupkan tv, berharap ada pemberitaan tentang hasil sidang. Ternyata, momen saya pas sekali, karena amar putusan baru saja akan dbacakan ketua MK. Luar biasa, ternyata hasi putusan yang lebih dari 400 halaman itu memerlukan waktu 2 jam untuk sampai ke pembacaan konklusi. Perseden buruk terhadap kompas.com pun sirna sudah. Mereka tidak salah apa-apa, ya gimana mau keluar beritanya wong putusan belum keluar.

Dari hasil sidang,diketahui gugatan pemohon ditolak, hasil pemilu 2009 SAH. Bah, saya senang sengketa ini berhasil, biar orang2 elite itu bisa lebih konsenlah membentuk pemerintahan baru. Tapi sungguh disayangkan, pagi ini baca berita ada berita ini dan ini yang dua-dua berkisah tentang aksi anarkis dan pengusutannya – pelemparan oleh salah satu pendukung calon ke tempat markas salah satu calon lainnya. Well,kampanye damai pemilu pupus sudah. Kedewasaan tak juga tumbuh. Harusnya mah dalam setiap pemilihan atau ikut lomba misalnya, ya siap menang, siap kalah dan siap kecewalah.

4 thoughts on “siap menang,siap kalah, dan siap kecewa

  1. “sekarang malah bertanya2 kenapa namanya ada embel2 88”

    mirip 2 borgol ja katanya, sama simbol tidak akan terputus, lengkapnya di http://id.wikipedia.org/wiki/Detasemen_Khusus_88#Pembentukan, hehe

    tapiii, ada versi yang ngomong kalau waktu baru aja Bali dibom itu, Polri disuruh bikin pasukan anti teror yang sesuai dengan ATA (American Technical Assistance), dan dalam pembicaraan telepon itu disebut2 ‘ATA’ terus-menerus, yang kemudian malah salah denger n dikiranya disuruh namanya 88 (ATA = Ei Ti Ei, 88 = Eighty Eight), ahahahaha

  2. ada damas! analis militer kita yang jago AS3 bertitah 🙂

    iya ja, pas mau diputuskan ada pemilu ulang atau ndak, sempet deg-degan. Bukan masalah harus pemilu lagi, tapi dana pemilu (kalau misal diulang) pasti bisa untuk mensejahterakan bagian yang lain bukan cuma rezeki tukang sablon dan cetak digital baligo.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s