terima kasih, Bali

terima kasih , Bali!
terima kasih , Bali!

Alhamdulillah, jika tidak ada aral melintang maka besok, kerja praktek – atau terjemahan resminya, Industrial Experiences – selesai sudah. Genap 2 bulan, saya dan nadhira , menunaikan kewajiban saya sebagai seorang intern, di Mitrais, sebuah company yang tergolong sangat mapan di dunia software development di Indonesia.

Banyak hal yang saya peroleh, tidak hanya dalam konteks kerja praktek tapi juga dalam konteks liburan. Pada awalnya , ketika Nadira membicarakan rencana untuk KP di suatu perusaahaan di Bali, saya sudah tertarik. Kenapa ? Iya , karena kapan lagi, bisa menikmati Bali dalam kurun waktu yang cukup lama – 2 bulan,red. Terlebih memikirkan transisi dari semester 6 ke semester 7 jika diisi dengan KP yang membosankan , mungkin malas juga. Ada untungnya kerja sambil liburan.

Substansi kerja praktek sendiri, seperti pernah saya bahas dalam postingan terdahulu, adalah pengintegrasian sistem yang sudah ada di mitrais, yaitu aplikasi LM (leave management) – untuk pengelolaan izin – dengan MOPS – server untuk store data-data project pada platform microsoft. Pada dasarnya, yang perlu diperhatikan adalah memodifkasi kode pada LM agar dapat meneruskan data ke MOPS, melalui aplikasi BizTalk, yaitu sebuah middleware system, yang memiliki kemampuan sangat komplit untuk skema Enterprise Integration Application(EIA). Aplikasi BizTalk sangat berbeda dari aplikasi .NET lainnya, karena less coding, much design. Desain dalam arti kata mendesain port,tipe message, variabel,alur eksekusi dan sebagainy. Pada lingkup BizTalk aplikasi disebut sebagai orkestrasi. Mahasiswa kerja praktek hanya terekspos pada tahap insepsi dan elaborasi,mengikuti SDLC lengkap versi RUP. Dan selain masalah subtansi, saya belajar banyak tentang project management yang baik, dimana SDLC terlihat diaplikasikan secara mendalam , terukur dan matang. Tentu hal ini untuk menjaga kualitas software yang dihasilkan. Bagaimana sebaiknya sebuah perusahaan IT memperlakukan karyawannya , membentuk klub2 minat (ada futsal, bulutangkis, fotografi,agilecommunity) yang dibiayai penuh untuk menjaga kerileks-an para pegawai. Pada hari jumat sore, terdapat yang namanya happy hour, dimana para programmer dan karyawan lain dapat berkumpul, bercanda , saling mengenal sambil menikmati sajian kue-kue dan minuman softdrink hingga anker bir.

Substansi kerja praktek , hanya sebagian kecil dari life experience yang bisa didapatkan. Tentu saja ini berkaitan dengan hasil ekplorasi pulau Bali yang dilakukan selama hampir dua bulan penuh. Jika selama ini sudah sering sekali angan-angan untuk berlibur kesana, baru sekarang kesampaian. Tak tanggung-tanggung, segala objek wisata, tempat dan kuliner coba dikunjungi.  Beberapa landmark yang berhasil di datangi adalah pantai segara, kuta, jimbaran, legian, sanur, padang-padang,dreamland,GWK, uluwatu, pantai lovina, singaraja, danau bratan, air terjun gitgit, bedugul,tanah lot, kintamani, danau batur, ubut, double-six, dan pantai seminyak. Kategori wisata atraksi adalah watersport di tanjung benoa,tari kecak di uluwatu,waterbom, kano di sanur, sanur village festival hingga yang terakhir rafting sepanjang 16 km di sungai Telaga Waja yang membuat lutut saya bolong karena terjatuh dan terseret arus kurang lebih selama satu menit. Wisata belanja meliputi, pusat oleh2 bali, kampung nusantara, toko erlangga, krisna,joger, pasar kuta, dan pasar sukawati. Kuliner khas  yang dinikmati adalah bebek bengil ubud,kedai wardani,warung made, warung ni made weti, ayam betutut, seafood jimbaran dan nasi pedas bu andika yang amat terkenal. Belum lagi mengenal budaya Bali, logat nya yang khas dan ketaatan mereka yan g sangat saya kagumi terhadap Tuhannya, sungguh,menyenangkan melihat para pemuda dan pemudi begitu bangga mengenakan pakaian adat, untuk berjalan di sore hari, mengenakan udeng di kepala dan kamen menutupi hingga mata kaki. Suasana eksotis yang mungkin tidak dapat ditemukan di bagian Indonesia manapun.

Tentunya eksplorasi tidak dilakukan sendiri. Sangat kebetulan bisa bergabung bersama teman-teman yang juga KP di Bali, seperti Ical,Andri dan David di BaliCamp, yang tiap weekend selalu turun gunung dan bersama-sama mengeksplor keindahan Bali. Tepan, Camox, Tony yang selalu sibuk dan cukup jarang bertemu untuk berjalan-jalan. Gandi dan Eka, yang menemani di awal-awal masa KP yang gak jelas dengan ketiadaan tempat berteduh dan tidur, bersama-sama juga mengeksplor  Bali dan tak lupa juga Bibur yang hanya beberapa kali bertemu. Aloy dan Harbag, yang datang di medio awal Agustus dan menghabiskan lembar demi lembar untuk perut yang kenyang.  Nyaris juga, iiR menyempatkan diri untuk datang ke Bali, akan tetapi rencana itu buyar karena masalah waktu yang tidak tersedia lagi sehingga harus puas ditemani via jaringan komunikasi dan hati. Dan, tentu saja Nadhira , yang jadi partner KP, yang memberikan kesempatan untuk ber-KP-geje-ria di Bali. Lalu teman partner KP di Mitrais, dua orang yang berasal dari ITS, Grand – anak Riau juga, yang jago fotografi – dan Mario yang orang Surabaya. Di akhir-akhir KP, kebersamaan semakin intens dan cukup sayang juga untuk ditinggalkan :p

Alhamdulillah, masa KP, ini dapat dilewati, masa-masa yang memberikan berbagai pengalaman baru lagi dalam hidup. Allah memang selalu punya jalan terbaik untuk hambanya  dan cara yang unik untuk menyampaikannya.

hidup ini indah karena kita menikmatinya

9 thoughts on “terima kasih, Bali

  1. “iiR menyempatkan diri untuk datang ke Bali, akan tetapi rencana itu buyar karena masalah waktu yang tidak tersedia lagi sehingga harus puas ditemani via jaringan komunikasi dan hati”
    beuuhh..bolehlaaa..
    tp irkan ga jd kesana bukan krn ga ad waktu..ga dibolehin sama ibuuuk 😦

    1. haha…iya samalah…waktunya tidak tersedia,,karena tidak dibolehin sama ibu lagi musim flu babi … see ? karena ada flu babi, jadi waktunya tidak tersedia, sehingga kamu dilarang ibu :p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s