ITB Fair 2010

Tanggal 6-7 Febuari 2010 di ITB digelar sebuah acara yang dinamakan ITB Fair. Acara ini  digelar KM-ITB sebagai wujud untuk membangun gerakan kemandirian bangsa dengan bantuan teknologi. Acaranya sangat beragam, mulai dari konferensi, talkshow, stand himpunan, lomba, pemecahan rekor dan banyak lagi. Silahkan liat situs resminya pada http://www.itbfair2010.com/ .

Dari hasil investigasi (cailah…) pada tanggal 6 Febuari kemaren saya memandang ITB fair ini :

Asyik buat foto-foto, tujuan saya hadir pertama kali memang ingin berfoto-foto. Dan memang sesuai bayangan saya, ada spot2 menarik untuk berfoto. Misalnya display panser Pindad di parkiran Albar, bola2 ajaib nan terbang di rotunda, maskot ganesha dan banyak lagi. Plus, misalnya mau berfoto di dekat stand, panggung atau stand makanan.

DSC01980 DSC01985 DSC01988

DSC01990 DSC01984

(Mungkin) Terlihat kurang meriah, mengapa saya dapat berkata demikian. Kebetulan hari ini saya memasuki ITB dari pintu belakang. Dan rasanya memang cukup sepi, tidak ada hingar bingar keramaian.Sehingga saya hampir saja bingung apakah memang ITB Fair itu hari ini atau tidak. Tetapi masuk sampai pusat gema baru saya mulai melihat keramaian orang, panitia dan pengunjung serta stand-stand. Mungkin memang suara2 nya kurang menggelegar jadi kelihatannya dari belakang tidak terdapat apa-apa (berbeda dari hingar bingar pasar seni atau dies emas ITB). Dan lagi pula agaknya pusat acara berada dari area gerbang ganesha hingga depan labtek. Pembukaan ITB Fair sendiri dilakukan di jam ganesha.

DSC01972 DSC01974 DSC01977

Acaranya banyak dan bagus-bagus, dan sayangnya kita memang harus memilih acara apa yang mau kita datangi. Karena beberapa acara ada yang diselenggarakan berbarengan. Misalnya saja untuk hari pertama saya memilih melihat talkshow di Aula Barat , dan melihat-lihat stand. Ada acara untuk tur anak2 SMA keliling ITB, untuk anak2 yang kebetulan hadir dan banyak banget. Sampai ada konferensi matematika dan ecocampus. Yang menarik ketika saya mengunjungi stand BPPT dimana terdapat demo sofware Perisalah, yaitu aplikasi untuk menghasilkan transkrip rapat. Nice!

DSC02034 DSC02035

Stand HMIF kurang gede , sorry to say tapi memang stand HMIF harus diakui kurang gede . Satu lagi , menurut saya kurang informatif juga. Saya sempat melihat stand lain sampai membuat brosur stand hingga katalog karya himpunan mereka. Plus, software yang didemokan kebanyakan game padahal tema itbfair kali ini bagaimana teknologi mampu meningkatkan kemandirian bangsa. Setidaknya jangan lupa tempatkan software yang tampak bermanfaat bagi banyak orang. Tapi, stand HMIF tetap menarik dengan hadirnya gadget running text yang dapat menampilkan user timeline account twitter hmif_itb.

DSC02033

Bertemu mba Indy Rachmawati, salah satu tujuan kehadiran itb fair kali ini, terutama talkshow yang diadakan di Albar adalah untuk melihat langsung, Indy Rachmawati, presenter tvOne yang menjadi moderator pada acara tersebut. Presenter satu ini memang saya kenal melalui acara Apa Kabar Indonesia dan Satu Jam Lebih Dekat yang seringkali saya tonton tiap harinya. Terutama, Apa Kabar Indonesia Pagi, banyak memberikan informasi yang aktual dan tajam. Mba Indy merupakan salah satu presenter favorit saya.

DSC02031

Desain website itbfair2010, hal ini sempat ramai di twitter dan plurk kalangan IF. Terdapat pendapat yang mengatakan bahwa desain website untuk acara sebesar ITB Fair kurang informatif dan baik dari segi desain. Sangat disayangkan memang. Bahkan sempat saya mengamati plurkpost teman saya yang berasal dari Astronomi yang mengatakan hal serupa. Tapi, saya lihat sudah coba diperbaiki dan melihat perjuangannya dalam sehari (semacam mendirikan candi roro jonggrang saja mereka :p ) tim website harus tetap diacungi jempol untuk kerja kerasanya.

Begitulah laporan pandagna mata dari saya pada hari pertama. Mohon maaf jika ada kata-kata yang berkenan. Semoga ITBFair 2010 akan membawa dampak positif terhadap kita semua.

Maju terus indonesia!!!!

4 thoughts on “ITB Fair 2010

  1. Dari hasil investigasi (cailah…) pada tanggal 6 Febuari kemaren saya memandang ITB fair ini :

    Asyik buat menyegarkan mata, tujuan saya hadir pertama kali memang ingin menyegarkan mata. Dan memang sesuai bayangan saya, ada cewe2 menarik untuk dipandang. Misalnya penjaga stand tur fakultas di boulevard cc, pembuat pottery di stand desain produk, para panitia dan banyak lagi. Plus, anak-anak sma labil yang berfoto dimana-mana.

Leave a Reply

