Longlive the Silverlight

Pada event PDC10 yang lalu, banyak orang berspekulasi mengenai nasib Silverlight, terlebih akibat ekspose yang minim mengenai Silverlight pada event tersebut. Alih-alih terekspos, materi tentang HTML 5 + IE9 malah lebih terdengar gongnya. Akibatnya, tidak lama setelah event digelar, banyak blog dan opini yang terbentuk bahwa masa depan suram sudah menanti untuk Silverlight, atau Microsoft sudah mulai tidak ingin mengembangkan Silverlight for Web , dan benar-benar mengkhususkan Silverlight untuk pengembangan di mobile. Pada akhirnya rumor ini segera dibantah dengan klarifikasi via blogpost nya VP Developer Division, Scott Gu. Disana secara gamblang disampaikan bahwa Silverlight tetap merupakan teknologi yang dikedepankan Microsoft dan investasi yang sudah ditanamkan oleh para company dan developer untuk Silverlight tidak akan sia-sia.

Mungkin karena itu, atau memang sudah strategi PR nya Microsoft sendiri , bahwa ekspos yang minim pada PDC diakibatkan karena mereka sudah memiliki rencana untuk menggelar event khusus Silverlight. Tanggal 2 Desember, bagi reka-rekan yang juga mengikutinya, Silverlight Firestarter, Scott Gu dalam keynote yang berdurasi 1jam++ mengumumkan major release Silverlight 5.

Silverlight 5 menambahkan beberapa fitur yang memungkinkan para developer untuk membangung solusi berbasiskan media, dan membangun aplikasi lintas platform.

Scott Gu membuka event dengan mengucapkan terima kasih kepada para developer diseluruh dunia yang sudah membuat komunitas menjadi lebih aware terhadap teknologi ini. Plus ribuan kontrol , library dan code sample yang tersebar menjadi iklim yang baik bagi para developer diseluruh dunia untuk belajar tentang Silveright. Kemudian diumumkanlah kemampuan-kemampuan terbaru dari Silverlight 5 yang dapat dirangkum menjadi :

Premium Media Experiences

Disebutkan bahwa adopsi Silverlight untuk membangun pengalaman media streaming meningkat dengan masuknnya Canal+, TV2 meluncurkan solusi on-deman dan live streaming menggunakan Silverlight. Lebih lanjut lagi, Silverlight 5 menambahkan kemampuang Hardware video decoding yang akan menurunkan load CPU untuk video HD, kontrol baru Trickplay untuk memberikan kemampuan DVR Player, power awareness dan support untuk menggunakan remote control.

Demo IIS Streaming via iPad dan Windows Phone.

image

Jokes menarik , streaming di iPad sedikit lebih lambat dari Windows Phone .

Pengembangan Aplikasi

Beberapa peningkatan dari sisi kemampuan pengembangan aplikasi adalah penambahan kemampuan Databinding dan MVVM dimana kini developer dapa melakukan debuggin terhadap databinding, set breakpoints, binding to style, dan sejumlah properti yang berguna untuk bekerja dengan MVVM pattern. Kemampuan WCF dan RIA Services yang kini sudah mendukung WS-trust, complex type dan mendukung low-latency pada jaringan untuk memberikan skenario yang lebih responsif. Teks dan printing juga mendapatkan tambahan amunisi dengan rendering yang lebih clean, multicolum teks flow dan kini mendukung OpenType. Kontrol Pivot yang tadinya adalah kontrol terpisah pada versi 5 akan ditanamkan langsung pada Silverlight SDK. Dan yang paling menarik pada demo nya adalah tambahan dari sisi grafik, mendukung 3-D yang accelerated dan memanfaatkan GPU komputer dengan maksimal. Kemudian penambahan kemampuan Out-of Browser yang kini mendukung Multiwindow, dapat mengakses win32 API dan masalah security dengan konsep sandbox.Penambahan juga terjadi pada sisi tools untuk melakukan testing pada aplikasi, dan performa secara general mulai dari startup yang lebih cepat dan support untuk browser 64-bit.

Demo memanfaatkan 3D pada Silverlight 5 oleh Archetype

image image

Demo Out Of Browser, printing ke Excel dan Multiwindow dari Cynergy.

image image

Walau demikian, Silveright 5 Beta sendiri baru akan tersedia pada tengah tahun pertama 2011 dan versi final akan di luncurkan pada akhir tahun 2011. Melihat timeline yang demikian, bisa jadi memang sudah diatur karena Silverlight 4 juga baru saja dirilis tidak lama dari ini atau memang event ini ditujukan untuk memperlihatkan komitmen Microsoft mengenai teknologi Silverlight untuk menepis rumor yang berkembang. Yang manapun alasannya, SIlverlight 5 punya fitur-fitur menarik untuk dipelajari.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s