Why I Use Twitter and Facebook

 

Udah pada nonton film Social Network kan ? Bagi yang belum segera cari di toko terdekat, bagi yang sudah,dan yang memperhatikan, kita jadi tahu dari mana si Zuckerberg dapat ide itu aplikasi. Terlepas dari apakah ide itu hasil adaptasi, menciderai hak cipta dan tidak respek pada orang lain, saya mengacungkan dua jempol (masing2x satu) pada dua situs ini : Twitter dan Facebook. Sekitar 240 juta rakyat Indonesia,  40 juta terkoneksi diinternet, yang menggunakan facebook dan twitter sekitar 35 juta. Ketika saya mengetik huruf demi huruf di blog ini mungkin akan terus bertambah.

Ya, situs-situs tersebut memiliki banyak fitur. Ada yang unik, ada yg di-rebranding, ada yg hasil akuisisi sama company lain, ada yg hasil kerja sama. Ya, fitur-fitur itu berguna. Twitter dan facebook telah mengubah tampilan dari website mereka. Ya, menjadi lebih intuitif, navigatif dan menarik. Clean.

Tapi yang membuat saya betah untuk memantau situs ini dalam interval waktu tertentu (selaen karena koneksi internet) adalah relevansinya terhadap apa yang ingin saya ketahui : Ada apa di sekitar saya ? . Pertanyaan yang simpel tapi sesuai dengan cara saya menjalani hidup, yaitu bersama-sama dengan orang lain. Ya, kontekstual yang menghipnotis saya untuk menggunakan kedunya.

Kedua situs ini sudah menjelma menjadi media yang mungkin para pembuatnya tidak sangka sebelumnya. Kepikiran nggak ya si Mark, ketika pertama kali develop facebook, situsnya akan jadi ajang seperti milis ? Atau toko online ? Jack Dorsey dkk kepikiran nggak ya bahwa kebanyakan ajakan makan bareng dari teman-teman saya atau ajakan nonton film kebanyakan sekarang dilakukan via twitter ? Atau bagaimana event startuplokal menggunakan nickname di twitter untuk ID di meet-up nya ?

image

image

Meminjam jargon-nya LPI, they change the game.

One thought on “Why I Use Twitter and Facebook

Leave a Reply

