The Journey Starts Now (Again)

 

Lima tahun yang lalu, sekitar tanggal segini juga, saya duduk di dalam sabuga. Duduk, dan melihat-lihat dengan bahagia…3000 orang disini adalah rekan-rekan saya. Ada kemungkinan saya akan mengenal banyak dari mereka. Ada kemungkinan, saya tidak mengenal beberapa dari mereka. Ada kemungkinan, saya berbuat kesalahan pada salah satu diantara mereka. Ada kemungkinan, apa yang saya lakukan membuat beberapa dari mereka tertawa, senang dan gembira.

Perjalanan itu dimulai. Masa menjenjang pendidikan untuk meraih gelar sarjana, Teknik Informatika. Apakah saya berhasil, apakah saya telah berbuat sesuatu, apakah saya gagal,,,saya punya penilaian sendiri. Termasuk penilaian teman-teman saya yang saya rasa,,,masing-masing akan berbeda.

Lima tahun kemudian, hari-hari ini. Perjalanan itu dimulai kembali. Lagi. Kali ini untuk untuk gelar yang lain lagi, tapi masih Teknik Informatika.

Saya masih sering mendapat pertanyaan mengapa saya melanjutkan studi saya. Mengapa sekarang. Mengapa di ITB. Kadang saya agak malas menjelaskan panjang lebar jadi saya lebih sering berkata “Iya masih belum pinter, jadi pengen sekolah lagi”.

Alasan sebenarnya ada. Agak panjang. Mungkin sedikit yang tahu. Tapi Allah pasti tahu.

Karena itu juga, semoga langkah yang diambil ini berkah.

Amin.

102296 mk (8) rev

[wisuda sarjana,bersama para sahabat]

Leave a Reply

