Mengenal Cloud Computing

Perkembangan teknologi terjadi begitu cepat. Kabarnya perkembangan yang terjadi selama 3000 tahun terakhir ini kalah banyak dibandingkan dengan 30 tahun terakhir. Termasuk juga di dalamnya perkembangan teknologi informasi. Dahulu komputer hanya dimiliki oleh perusahaan-perusahaan – mainframe yang berukuran sangat besar. Namun, perhatikanlah sekarang setiap rumah rasanya memiliki satu unit personal computer.

Perubahan ini juga terjadi disisi konsumsi IT. Sudah menjadi kebiasaan bertahun-tahun bagi perusahaan penyedia layanan menggunakan server aplikasi agar layanan mereka dapat dikonsumsi umum. Tentunya banyak sekali hal-hal yang harus dipikirkan jika memutuskan untuk mengelola server sendiri mulai dari masalah upgrade OS dan software, availability, scalabilty, perawatan dan sebagainya. Namun,dengan kemunculan model Cloud Computing, konsumsi server dapat dilakukan dengan cara yang berbeda , yaitu : Menyewa provider dan hanya Membayar sesuai dengan Konsumsi. Dengan skema ini, developer atau organisasi cukup memikirkan proses atau aplikasi yang ingin dikembangkan tanpa harus pusing mengenai urusan server dan sebagainya. Jika aplikasi butuh resource yang lebih besar,tinggal masuk ke dashboard panel dan mengatur jumlah memory/database yang ingin digunakan. Sangat fleksibel.

Berbagai pemain besar di bidang IT, seperti Amazon,Google dan Microsoft semuanya memiliki produk Cloud Computingnya masing-masing, dan tentunya memiliki keunggulannya masing-masing. Apakah kita sudah memahami mengenai apa itu Cloud Computing ?

Tingkatkan Skill IT Anda Sekarang Juga

Daftarkan diri anda sekarang juga ke Microsoft Virtual Academy – IT free-course untuk belajar mengenai teknologi Cloud Computingnya Microsoft. Untuk mengikuti course ini Anda tidak akan dipungut biaya sama sekali dan pilihlah konten yang ingin anda pelajari :

  • Office 365 – solusi produktivitas online untuk Office Suit
  • Iaas (Infrastructure as a Service), Paas (Platform as a Service) dan SaaS (Software as a Service)
  • Private dan Public Cloud
  • SQL Azure
  • Dan sebagainya

 

 

[klik gambar untuk mendaftar]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s