Windows 8 : Apa yang Developer Perlu Ketahui

Use what you know. Do what you’ve always imagined!

windows-8-b

Adalah frase yang selalu disampaikan Steven Sinofsky, salah satu head di Windows Division Microsoft, divisi yang bertanggung jawab melahirkan produk-produk Windows : 95, XP, Vista, 7 dan yang terbaru akan hadir Windows 8. Sebelum BUILD – konferensi dimana Microsoft mengundang para developer,ISV dan parter untuk menjelaskan roadmap dan strategi Microsoft di Windows 8 – , beredar banyak diskusi di forum-forum mengenai kelanjutan masa depan Silverlight dan managed-code. Hal ini diperkuat dengan banyaknya sesi tentang HTML5 di MIX 2011 sehingga muncul pertanyaan : Apakah HTML5 akan menjadi alat utama bagi developer untuk mengembangkan aplikasi di Windows 8, dan Silverlight akan segera mati dan tidak digunakan lagi.

Tentunya pertanyaan ini logis,melihat kondisi saat itu. Kekhawatiran muncul bagi developer yang sudah menginvestasikan waktunya untuk belajar tentang teknologi .NET (WPF/Silverlight) . Saya mungkin adalah salah satu yang cukup was-was juga. Tapi secara personal informasi-informasi yang disampaikan sangat melegakan.

Kekhawatiran itu sirna sudah. Di konferensi tersebut dengan jelas disampaikan bahwa semua yang sudah kita pelajari dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi di Windows 8. Tidak salah mengatakan HTML5 merupakan salah satu senjata developer untuk menargetkan aplikasi Windows 8 tapi kekhawatiran bahwa Silverlight tidak akan digunakan lagi adalah salah besar, setidaknya untuk (saya rasa) 3-5 tahun ke depan.

Use what you know

Pertanyaan Silverlight atau HTML5 segera menjadi tidak relevan. Anda seorang web developer : gunakan HTML 5 + Javascript. Anda seorang pecinta teknologi Silverlight dan manage-code : gunakan C# + XAML. Anda seorang native sejati : gunakan C atau C++. Yang perlu Anda lakukan adalah membuka development tools terbaik (menurut saya) yang pernah ada : Visual Studio dan mulailah coding! Anda ingin menyempurnakan antarmuka dan user experience dari aplikasi, buka Expression Blend dan mulailah mendesain. Blend5 akan dapat digunakan untuk mendesain HTML5+Javascript.

Hal ini memungkinkan karena Microsoft telah mengembangkan WinRT, runtime yang dibenamkan di Windows 8 dan dapat diakses oleh JS,C# dan C/C++ . Problem Solved.

Apakah saya ingin menargetkan untuk desktop atau touchscreen ? Windows 8 adalah OS yang touch-centric. Kita dapat menggunakan selayaknya desktop dengan mouse,desktop + touchscreen , touchpad (tablet) . Sekali kita mengembangkan aplikasi untuk Windows 8, kita dapat mendistribusikannya melalui W8 AppStore, toko aplikasi dengan potensi market pengguna sebesar 400 juta diseluruh dunia.

Dan berhentilah berfikir apakah kita akan mengembangkan desktop atau web app. Pada akhirnya, teknologi apapun yang kita pilih, semuanya akan menjadi aplikasi di Windows 8.

clip_image0014_thumb

Do what you’ve always imagined

Meskipun masih banyak informasi yang belum disampaikan, satu hal yang jelas, developer segeralah bersiap. Berhenti berpikir istilah desktop atau web app, tablet atau desktop, Silverlight atau HTML 5. Teknologi adalah kendaraan kita gunakan untuk mencapai tujuan. Teknologi apapun yang Anda anggap nyaman untuk digunakan, pilih dan fokuslah pada aplikasi yang ingin anda buat.

Mulailah berpikir Windows 8. Bayangkan aplikasi Anda berada di jutaan layar orang diseluruh dunia.

Use what you know. Do what you’ve always imagined.

One thought on “Windows 8 : Apa yang Developer Perlu Ketahui

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s