Apa yang saya lihat di INAICTA 2011

Inovasi.

Satu kata yang dapat saya sampaikan kepada pembaca semua. Inovasi.

INAICTA, Indonesia ICT Award adalah ajang tahunan yang diselenggarakan oleh Kominfo untuk memberikan apresesiasi setinggi-tingginya kepada para kreator digital : developer,musisi, animator, gamer. Hasil kreasi dari seluruh kreator ini dipamerkan selama 2 hari, dari 4 – 5 Oktober 2011 di JCC Jakarta.

Bagi saya INAICTA punya sejarah tersendiri, kami (saya bersama tim cahaya) pernah mengikuti kegiatan ini untuk kategori Perguruan Tinggi di tahun 2009 dan 2010. Meskipun kami tidak berhasil menjadi nominator,selama keikutsertaan tersebut, saya belajar banyak hal. Dan tahun ini ketika melihat pameran di JCC kemaren, saya belajar lebih banyak hal. Kita,sebagai bangsa,,telah maju!

Saya datang memang dimaksudkan untuk melihat beberapa karya rekan-rekan yang masuk sebagai nominator. Ada karya dari Nightspade, Agate, Sneepet,Samsu. Bahkan ketika sudah sampai disana saya malah bertemu dengan orang-orang yang saya kenal dan tidak mengetahui bahwa mereka juga berpartisipasi seperti rekan dari Aksara, Fikri dari I3M ITB, Hakim rekan di STEI, rekan-rekan dari ITTelkom bahkan kang yang namanya tidak boleh disebut disini, hadir semua disana.

Sejumlah karya benar-benar membuka mata saya terhadap apa yang dapat dilakukan penggiat IT Indonesia saat ini. Saya hanya akan sampaikan beberapa item yang masih saya ingat, berhubung 1 pameran penuh terdiri dari 1 area besar yang berisi stand-stand peserta. To live the experience you have to watch it by yourselves.

Sneepet.me

Sneepet.me karya dari rekan-rekan di tim Sneepet (David,Damas,Tannadi,Bady) yang membuat digital scrapbook with social experience. Aplikasi yang memungkinkan kita menyimpan memori,kenangan,foto dan teks menjadi sebuah buku digital yang menyenangkan. Buku ini dapat kita share ke orang-orang tersayang dan bahkan dapat kita print untuk hadiah. Great app ! Aplikasi ini sudah live di pranala sneepet.me, check it out!

image

Aksara & Isara

Saya duga mereka bersaudara dan ternyata benar. Aplikasi ini lahir dari tim dreamBender,dari IT Telkom. In fact , kontingan IT Telkom mengirimkan beberapa tim dan tersebar di beberapa kategori. Isara menangkap perhatian saya karena menggunakan Kinect untuk membuat aplikasi pembelajaran bahasa Isyarat. Dikemas dengan UI Metro yang diadopsi dari desain Windows, aplikasi ini menurut saya luar biasa. Memungkinkan seorang belajar bahasa isyarat dengan interaktif. Penggunaan kinectnya sangat tepat. Saya tidak begitu pasti algoritma pencocokan apa yang digunakan untuk memeriksa gerakan kita apakah sudah sesuai dengan gerakan sign language yang seharusnya tapi saya coba satu gerakan dan aplikasi berhasil mendeteksi apakah saya sudah berhasil “mengucapkan” satu kata tersebut.

Aksara di satu sisi merupakan aplikas untuk membantu tuna netra membaca buku. Buku fisik akan di baca oleh sebuah webcam dan ditampilkan dalam bentuk 3D yang menyenangkan, dilengkapi dengan fitur Augmented Reality. Kata-kata tersebut dapat diungkapkan melalui fitur text to speech, di-search secara real-time,ditranslasi dan ditampilkan dalam bahasa isyarat. I think I’ve seen this kind of application before but I forget when and where.

Selain itu ada aplikasi L-Rescue dan Sparkins. Sparkins merupakan pemenang Windows Touch kategori di Imagine Cup 2011 Worldwide. Dengan Sparkins penderita tuna netra dapat belajar bahasa Braille yang saya lupa namanya.

Pembaca bisa follow akun @ProClubITT untuk melihat kegiatan dari rekan-rekan IT Telkom di- INAICTA.

Games : Amago, Petualangan Aksara Bali, Green Guard,Amazing Journey

Amago saya duga singkatan dari Amazing Archipelago, game besutan Nightspade. Aplikasi yang mengangkat beberapa satwa endemik Indonesia : Elang Jawa, Komodo dan Arwana. Permainan ini mengajarkan kita betapa lucunya makhluk tersebut dan sudah seharusnya kita turut melestarikannya. Grafiknya memukau, cerita nya menarik dan it runs on iPad. Yes, iPad. Akan hadir beberapa bulan ke depan di app-store. This is obviously the next game I will buy for my iPad.

Aksara Bali,besutan dari Aksara Games, kebetulan beberapa rekan disana sempat bertemu di Windows Phone DEV CAMP beberapa waktu lalu di Jakarta. Mereka akan rilis game terbaru mereka, aplikasi untuk belajar bahasa Bali di Nokia. Dan ada satu game yang tidak boleh disebutkan disini Smile yang akan dirilis segera juga. Bagi yang punya Nokia phone,bisa download aplikasinya di Nokia Store

GreenGuard, salah satu aplikasi ,,, oops, satu-satunya game yang dipamerkan dan running  di Windows Phone. Pengembangnnya adalah game studio yang digawangi mahasiswa UGM dan ternyata beberapanya adalah MIC dan MSP guy dari UGM. Aplikasi tentang pembalakan liar dan bagaimana kita dapat memeranginya.

 

Amazing Journey, game elearning tentang Indonesia oleh Agate Studio . Game sosial yang terintegrasi dengan facebook. Aplikasi ini akan mengenalkan kita dengan hal-hal luar biasa dari Indonesia, something you can tweet and mention GNFI, kuliner, tempat dan banyak lagi. Sepertinya ada satu aplikasi lagi dari Agate namun saya tidak sempat melihatnya.

 

Media Digital Museum , Virtual Pet, AR Defense

Media Digital Museum dan Virtual Pet merupakan karya rekan STEI (Fikri dan Dimas) hasil godokan di Lab Game dan Multimedia di ITB. Media Digital Museum memanfaatkan meja touch super besar untuk menampilkan virtual tour guide  di suatu museum. Sayangnya pas saya hendak mencoba sedang mengalami kesalahan kalibrasi karena mudah tergeser. Virtual Pet disatu sisi adalah game memelihara binatang virtual, semacam tamagochi namun karakter tersebut dapat ditransfer ke suatu media lain, dan berkembang bermain dengan binatang-binatang kepunyaan orang lain. Konsepnya lucu sekali, terutama jika membayangkan tiap anak bermain ini dan di suatu mall terdapat tempat dimana mereka bisa menaruh virtual pet tersebut untuk melihatnya saling berinteraksi.

ARDefense adalah game yang memanfaatkan marker-based Augmented Reality untuk bermain game Tower Defense. Instead of menggunakan joystick untuk menaruh posisi pesawat, kita berinteraksi dengan meletakkan marker-marker pesawat dan melihat hasilnya di layar. Game ini merupakan karya rekan-rekan dari ITS dibawah bendera Elventales.com .Saya yang jarang bermain game pun tertarik untuk mencobanya sebentar.

 

Mobile Application oleh Nokia Developer

Nokia sebagai salah satu sponsor utama menggelar satu lapak full berisi developer- developer yang mengembangkan aplikasi di platform Nokia. Dari global ada EA dan Gameloft, membawa game mereka di platform terbaru Nokia yang namanya saya belum tahu. Berikutnya ada developer game lokal Arsanesia dan AgateStudio. Lalu ada Dycode dengan aplikasi Movreak (social movie app, dimana saya berpartisipasi untuk plaform Windows Phone-nya ) dan Sajian Sedap (katalog resep) dengan fitur NFC-nya. Ada pula Elasitas yang mengusung aplikasi Menoo (LBS untuk melihat menu makanan disektiar anda) di berbagai platform Nokia terbaru, again, saya belum tahu namanya yang memanfaatkan kemampuan hardware tersebut dengan fitur NFC dan Augmented Reality. Dan satu lagi dari rekan GITS Indonesia yang mengusung aplikasi Toresto (LBS untuk melihat restauran disekitar kita,dimana saya ikut membantu mengembangkan aplikasi Toresto untuk Windows Phone).

Masih banyak juga beberapa aplikasi yang sudah pernah saya dengar. Sebug saja WayangForce, aplikasi reader untuk web,iPad dan Tab besutan PhaseDev. Ada Sedapur (belanja kuliner online) , MindTalk (social app terbaru dengan konsep IRC) ,Blibli, Bouncity (LBS Gaming platform) dan karya rekan Rofiqi, Kampung Pulsa, yang juga merupakan pemenang Bubu Award untuk kategori web e-commece  (two thumbs up, untuk Rofiqi, termasuk pemilihan modelnya Smile ) .

image

INAICTA sendiri bukan hanya acara yang menampilkan karya-karya tersebut namun juga terdiri dari Workshop dan Conference. Sayang sekali karena hari ini saya harus menunaikan tugas sebagai mahasiswa tidak dapat melihat kegiatan unuk hari kedua, dimana ada acara live coding dan juga malam penganugerahan kepada pemenang kategori. Bagi rekan-rekan yang punya waktu lowong mungkin bisa juga mengunjungi JCC hari ini dan melihat sejauh apa perkembangan IT Indonesia saat ini. Sangat inspiratif dan membuat kagum.

Akhir kata,  May the best app win!

PS : Setiap gambar yang berada disini merupakan hak cipta masing-masing pemilik gambar dan jika ada yang kurang berkenan dapat menghubungi saya untuk selanjutnya saya hapus dari blogpost ini.

3 thoughts on “Apa yang saya lihat di INAICTA 2011

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s