Seperempat Waktu

Enam tahun yang lalu,disekitar bulan Juli ini, saya resmi menjadi warga cisitu dengan alamat JL Cisitu Lama 3D/160 B. Saya ngekost disalah satu area kosan di dekat asrama ITB,yang letaknya cukup strategis. Tempat makan banyak sekali. Mini market juga tersedia. Saat ini malah ada praktek dokter dan dokter gigi tidak jauh dari kos-kosan. Saat itu, gedung kosan ini baru selesai,cat nya masih baru, bersih dan sangat teratur.Saya adalah angkatan pertama yang tinggal dikos-kosan ini bersama dengan 12-an mahasiswa lain. Semuanya mahasiswa ITB. Saat itu kamar nya kosongan,artinya semua perabotan harus kita sediakan sendiri. Mulailah saya melengkapi kamar agar nyaman ditinggali dengan kasur,lemari, meja dan sebagainya. Selama enam tahun, sedikit demi sedikit setiap sudut ruangan dikamar mulai dipenuhi dengan berbagai barang. Dominasi terbesar dipegang oleh baju-baju,terutama baju yang dibeli saat ada acara danus himpunan. Saya yakin,bisa berpakaian selama 2 bulan penuh dengan setiap harinya menggunakan kaos berembel-embel kegiatan himpunan , betapa banyak nya kegiatan saat itu. Selain itu kertas-kertas ujian,dokumen-dokumen, beberapa plakat, sampai hadiah-hadiah ulang tahun dari @irrrlanda selama 6 tahun di Bandung, semuanya lengkap.

Hari ini,tibalah saatnya saya untuk pindah. Biaya hidup yang makin membesar dan biaya sewa kosan yang kian mahal akhirnya memaksa saya …… rrrr,, tidak-tidak bukan seperti itu. Tapi memang kebetulan akan pindah ke tempat lain sehingga memang harus mengakhiri masa sewa di kosan cisitu ini. Karena sudah 6 tahun tinggal disini,saya merupakan salah tiga dari orang yang masih bertahan sejak angkatan pertama kosan. Udah paling bangkotan. Dindingnya sudah ada yang retak. Dan ketika saya hendak mengepak barang,,,,subhanallah,banyak sekali barang yang harus dipindahkan. Mulailah menyortir barang-barang yang benar-benar masih digunakan dan mana yang tidak. Buku-buku kuliah akhirnya saya hibahkan ke perpustakaan HMIF. Baju-baju yang masih layak pakai namun ukuranya sudah tidak sesuai sudah disisihkan , berjaga-jaga jika ada kegiatan amal pengumpulan pakaian akan langsung saya berikan. Lalu ternyata saya masih menyimpan kertas-kertas print-an baik modul kuliah dari tingkat 1, kertas ujian, dokumen tugas, dokumen draft TA dan banyak kertas hvs lainnya memenuhi hingga 2 laci. Setelah dilihat akhirnya semua kertas-kertas tersebut saya pindahkan ke tempat nya yang sesuai, mengingat semua kertas tersebut sudah terkonversi menjadi nilai-nilai dijazah maka dokumen menjadi tidak terlalu penting lagi.

Lucunya,ketika mengepak barang, dan memindahkan satu per satu barang-barang ke kardus, setiap ketemu benda yang memorable, saya malah jadi flashback dan mengenan kejadian terkait sehingga waktu mengepak menjadi lama sekali,hingga 3-4 hari. Misalnya ketika ketemu hadiah simbolis tiket raksasa Imagine Cup 2010 jadi ingat masa-masa ikutan lomba. Ketika ngeliat baju Arkavidia,foto TPB , foto independence STEI, plakat plakat sebagai pembicara seminar, gajah cumlaude sampai bantal lucu yang diberikan @irrrlanda pas waktu mau pindah ke Bandung dulu. Sangat sangat sangat memorable, seperti memutar rekaman selama 6 tahun di dalam kepala, dan menikmatinya sendirian. Kadang malah saya jadi senyum – senyum sendiri.

Tanpa terasa, sudah 6 tahun saya tinggal di Bandung, tinggal di kosan cisitu. Sudah seperempat hidup saya, saya habiskan di kota kembang yang lagi dingin-dinginya ini.

Betapa waktu,berlari begitu cepat Smile

Mulai besok sudah tidak jadi warga cisitu lagi #mahasiswa

5 thoughts on “Seperempat Waktu

  1. wah, hampir 2 bulan lalu aku yang kebagian kaya gitu ja, setelah 6 tahun di kosan yang entah kenapa bikin super betah πŸ˜€
    emang yang bikin lama bagian2 flashback itu si, beneran 6 tahun tu lama banget ya, tapi kok kerasa super cepat juga …

    1. setuju,,,betah banget lah,deket kampus,tempat makan superenak dll,,tapi hidup memang harus berpindah πŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s