Layanan Mobile Analytic

Pengguna perangkat mobile saat ini telah mencapai 77% dari total populasi dunia atau sekitar 5.3 miliar orang dan jumlah ini diprediksi akan senantiasa meningkat . Perkembangan yang sangat cepat ini telah membuat perangkat mobile menjadi salah satu media baru bagi para pemilik merek dan pelaku pemasaran untuk memperkenalkan produk dan layanan mereka. Mobile dipandang sebagai kanal baru bagi organisasi untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Komunikasi dengan pelanggan dapat dilakukan melalui pesan teks, mobile website dan perangkat lunak mobile , dimana perangkat lunak mobile saat ini telah menjadi pilihan utama para pelaku pemasaran untuk memperkenalkan produk dan layanan mereka.

Perkembangan perangkat lunak mobile juga didukung oleh perkembangan yang signifikan di bidang sistem operasi perangkat pintar. Terdapat cukup banyak sistem operasi seperti Blackberry, iOS, Symbian, WebOS, Meego, Android dan Windows Phone. Android dan iPhone merupakan dua sistem operasi terbesar saat ini masing-masing dengan pengguna 61 % dan 20 % dari total pengguna perangkat pintar mobile dan Windows Phone diperkirakan akan menempati peringkat kedua pada tahun 2016 . Masing-masing sistem operasi ini memiliki arsitektur, fitur dan platform pengembangan yang berbeda-beda. Salah satu karakteristik yang unik dari perangkat lunak mobile adalah siklus pengembangannya yang relatif lebih cepat dibandingkan perangkat lunak desktop atau web sehingga pengembang merilis pembaruan perangkat lunak dalam waktu yang lebih singkat.

Meskipun tren telah mengarah kepada penggunaan perangkat lunak mobile, ternyata 70 % pemilik merek di dunia tidak melakukan analisis untuk pengembangan fitur perangkat lunak yang telah dibangun. Padahal aktivitas tersebut dapat memberikan gambaran untuk memberikan prioritas pengembangan fitur dari perangkat lunak mobile di masa depan. Nah,berikut ini ada beberapa layanan mobile analytic yang dapat membantu kita mendapatkan insight  mengenai penggunaan aplikasi kita oleh konsumen.

Flurry

Flurry.com adalah layanan popular dalam pengukuran penggunaan perangkat lunak mobile. Saat ini flurry.com melayani lebih dari 80.000 perusahaan dan 230.000 perangkat lunak mobile . Fungsionalitas yang disediakan Flurry.com yang berhubungan dengan pengukuran perangkat lunak mobile dapat dilihat dibawah ini.

Tabel Fungsionalitas Flurry.com

No Nama Fitur Keterangan
1 Manajemen perangkat lunak
2 Pelaporan : Dashboard Memberikan pelaporan penggunaan dalam bentuk ringkas
3 Pelaporan : Penggunaan Memberikan pelaporan penggunaan perangkat lunak dalam jumlah pengguna, jumlah pengguna aktif, lama penggunaan, versi, jumlah penggunaan , dan jumlah pengguna yang kembali menggunakan perangkat lunak
4 Pelaporan : Audience Memberikan laporan pengguna perangkat lunak berdasarkan perangkat lunak, kategori ,geografi, bahasa dan persona.
5 Pelaporan : Technical Memberikan laporan penggunaan perangkat lunak berdasarkan aspek teknikal perangkat seperti tipe perangkat, tipe carrier, tipe firmware
6 Pelaporan : Events Pelaporan data alur penggunaan perangkat lunak dan aksi
7 Ekspor data Dalam format .csv

Google.com

Google.com dengan layanan mobile analytic adalah penyedia layanan yang sebelumnya bergerak di bidang pelaporan penggunaan web. Beberapa pengguna dari layanan ini adalah perusahaan multinasional seperti Unilever, Panasonic, Epson, Suzuki,Chevron, American Express, dan Visa  . Fungsionalitas yang disediakan Google.com untuk yang berhubungan dengan pengukuran perangkat lunak mobile dapat dilihat pada Tabel 9 dibawah ini :

Tabel Fungsionalitas Google Analytic for Mobile

No Nama Fitur Keterangan
1 Manajemen perangkat lunak
2 Pelaporan : Dashboard Memberikan pelaporan penggunaan dalam bentuk ringkas
3 Pelaporan : Real-Time Memberikan pelaporan penggunaan perangkat lunak dalam tipe lokasi dan ukuran layar
4 Pelaporan : Akuisisi Memberikan laporan pengguna perangkat lunak jumlah pengguna baru dan toko Google Play
5 Pelaporan : Users Memberikan laporan penggunaan perangkat lunak berdasarkan lokasi,bahasa, perangkat dan jaringan
6 Pelaporan : Engagement Pelaporan data alur penggunaan perangkat lunak, lama penggunaan, pengguna baru,pengguna kembali dan halaman
7 Ekspor data Dalam format .csv, excel , pdf dan email

Localytics.com

Localytics.com dengan layanan mobile analytic untuk berbagai vendor perangkat pintar dan tablet. Pada tahun 2012 Localytics sudah melayani lebih dari 500 juta perangkat pintar dan tablet dengan pelanggan seperti eBay, the FOX Group, Microsoft dan New York Times . Fungsionalitas yang disediakan Localytics yang berhubungan dengan pengukuran perangkat lunak mobile dapat dilihat pada tabel dibawah ini :

Tabel 10 Fungsionalitas Localytics.com

No Nama Fitur Keterangan
1 Manajemen perangkat lunak
2 Pelaporan : Dashboard Memberikan pelaporan penggunaan dalam bentuk ringkas
3 Pelaporan : Penggunaan Memberikan pelaporan penggunaan perangkat lunak dari jumlah pengguna,baru,kembali, perangkat, jaringan, Negara, versi os, versi aplikasi
4 Pelaporan : Engagement Memberian laporan pengguna yang menggunakan kembali, lama penggunaan,interval dan loyalitas
5 Pelaporan : Events Memberikan laporan penggunaan event

Perbandingan Fungsionalitas

Tabel dibawah ini berisi perbandingan mengenai fungsionalitas perangkat lunak yang dieksplorasi.

Tabel 11 Perbandingan fungsionalitas Perangkat Lunak Penggunaan Perangkat Lunak Mobile

No Fungsionalitas Flurry.com Google Analytic Localytic
1 Manajemen perangkat lunak
2 Pelaporan : Dashboard
3 Pelaporan : Penggunaan
4 Integrasi Toko Perangkat Lunak x x
5 Pelaporan : User
6 Pelaporan : Event
7 Pelaporan : Technical
8 Ekspor Data x

Apakah rekan-rekan sudah ada yang menggunakan layanan ini untuk aplikasi mobile-nya ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s