Metrik Perangkat Lunak Mobile

Pada tulisan sebelumnya saya membahas mengenai beberapa layanan yang menyediakan pengukuran perangkat lunak mobile. Sekarang pertanyaannya adalah, apa saja yang sebaiknya diukur ? Beberapa organisasi yang bergerak di bidang pemasaran melalui perangkat mobile berusaha menyusun panduan mengenai parameter yang relevan untuk diukur pada perangkat lunak mobile. Mobile Marketing Association menyusun parameter pengukuran aplikasi mobile yang dibagi ke dalam faktor engagement dan context seperti dijelaskan pada Tabel 1 [1]:

Tabel 1 Parameter pengukuran aplikasi mobile oleh Mobile Marketing Association

No

Parameter

Deskripsi

 

Engagement

 

1

Total visitors

Pengguna yang menggunakan aplikasi mobile

2

Time spent

Waktu yang dihabiskan pengguna selama menggunakan aplikasi mobile

3

Pages per visit

Halaman yang dikunjungi setiap penggunaan

 

Context

 

4

Location

Lokasi yang diperoleh dari Bluetooth ,GPS, Wifi,triangulasi

5

Time

Recency, frequency , session length, daypart

6

Proximity

Speed, direction, call to action , distance from location ,convertion

7

Device

Manufaktur, sistem operasi, tipe, nomor model, operator yang digunakan, tipe browser, ukuran layar

Sementara itu Webtrend menyusun panduan parameter pengukuran yang dikelompokkan menjadi content , engagement , effectiveness dan technology [2]. Detail panduan dapat dilihat pada Tabel 3 .

Tabel  2 Parameter pengukuran aplikasi mobile oleh Webtrend

No

Parameter

Deskripsi

 

Content

 

1

Total Downloads

Jumlah unduhan aplikasi mobile

2

App users

Jumlah unik pengguna aplikasi mobile

3

Active User Rate

Rasio jumlah aplikasi terhadap jumlah unduhan

4

Pengguna baru

Pengguna yang baru menggunakan aplikasi pada saat tertentu

 

Engagement

 

5

Frequency of Visit

Rasio jumlah kunjungan terhadap jumlah pengguna

6

Depth of Visit

Jumlah halaman yang dikunjungi dibandingkan dengan jumlah pengguna

7

Duration

Waktu yang digunakan untuk penggunaan aplikasi

8

Bounce rate

Rasio jumlah pengguna yang hanya mengunjungi satu halaman dibandingkan total kunjungan

9

Karakteristik Audiens

Lokasi,bahasa

10

Aktivitas pengguna

 
 

Effectiveness

 

11

Retensi

Jumlah pengguna yang selalu menggunakan aplikasi

12

Tren analisis

 
 

Technology

 

13

App version

 

14

Carrier

 

15

Connection type

 

16

Sistem operasi

 

Forrester menyusun panduan parameter kunci untuk perangkat lunak mobile seperti yang didaftarkan pada Tabel 3 [3].

Tabe 3 Parameter pengukuran aplikasi mobile oleh Forrester

No

Parameter

Deskripsi

1

Jumlah unduhan

Jumlah aplikasi yang telah diunduh

2

Pengguna baru

Pengguna yang pertama kali menggunakan aplikasi

3

Pengguna yang kembali

Pengguna yang kembali menggunakan aplikasi

4

Session

Sesi penggunaan aplikasi

5

Versi OS

 

6

Event

Aktivitas tertentu

7

Lokasi

Lokasi dari pengguna

8

Error

Error yang terjadi pada aplikasi

9

Application path analysis

Analisis terhadap halaman yang digunakan oleh pengguna

10

Network

Tipe koneksi yang digunakan

11

Carrier

Tipe operator seluler yang digunakan

 

[1] Mobile Marketing Association (2012) , “Mobile Marketing Update” , New York : Mobile Marketing Association

[2] Webtrends Mobile (2011) , “ What do you want to measure ?”, Webtrends.

[3] Stanhope, Joe (2012) , Mobile Measurement is an eBusiness Imperative , Forrester.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s