Post-PC Era ?

Suatu hari teman saya yang penggemar gadget tapi datang bukan dari latar belakang IT bertanya mengenai post-PC era. Ia bertanya sebenarnya post-PC era itu seperti apa ? Apakah bener iPad itu post-PC device ? yang menandai awal hadirnya post-PC era ?

Pertanyaan bagus. Saya berpikir sebentar. Akhirnya saya jawab, sepertinya saat ini belum Post-PC era, karena kalaulah iPad atau tablet dianggap sebagai penandanya kok saya tidak setuju. iPad atau tablet bagi saya tetap adalah PC, dalam form-factor yang berbeda. Bagi saya penggunaan term post-PC device itu lebih ke marketing term  yang dilempar Apple untuk menyukseskan penjualan devicenya.

Malam ini,sewaktu baru menyelesaikan satu pekerjaan, saya kepikiran lagi tentang istilah Post-PC era. Penjelasan dari teman saya @nikolausindra menurut saya cukup masuk akal. Menurutnya, POst-PC era adalah peralihan dari penggunaan PC(personal) ke cloud, seperti adanya dropbox,drive,iCloud. Kebetulan,pas sedang mikir-mikir ini saya ketemu tulisannya Microsoft disini yang senada dengan pendapat teman saya. “When you strip away all the post-PC rhetoric, maybe we’re all saying the same thing – the future is about killer devices connected to amazing cloud services”.

Lebih masuk akal dan lebih bisa diperdebatkan. Sementara, jika memang post-PC era itu ada maka sepertinya kondisi dimana kita menggunakan device sebagai interface ke-cloud dibandingkan hanya device saja menjadi jawaban saya ketika pertanyaan serupa muncul.

Leave a Reply

