Pesona Gili

Apa yang lebih cocok dari menghabiskan waktu bersama teman-teman liburan ketika ada kesempatan ? Tanggal 5-10 Juni lalu saya dan bersama teman-teman pergi liburan ke Lombok,Gili Trawangan, dan sekitarnya. Liburan yang menyenangkan,terutama setelah melalui himpitan tesis beberapa bulan terakhir. Gili menjadi tempat yang pantas untuk melepas ketegangan, menikmati nuansa pantai pasir putih dan pemandangan yang membuat sanubari sejuk.

WP_20130607_090

Tanggal 6 pagi, pesawat lepas landas dari Cengkareng menuju Bandar Udara Lombok. Sekitar pukul 8 pagi, kita sudah sampai di Lombok dan dijemput dua mobil rental yang akan mengantarkan kita ke Bangsal, pelabuhan,salah satu tempat akses menuju Gili Trawangan. Sebelum menuju Bangsal, kita diajak berkeliling dulu ke bagian selatan,daerah Kuta dan Tanjung Aan. Pantai Selatan Lombok ternyata tak kalah dari pantai Bali yang pernah dikunjungi, dan jauh lebih bagus dari pantai di Tidung. Airnya jernih, pantai dengan pola bebatuan yang alami menyejukkan sejauh mata memandang. Tidak terlalu lama kita hanya melihat-lihat sebentar, terutama harus berhati-hati karena karang yang sangat licin mudah memakan korban, seperti jam tangan Camok yang “mati” karena terhantam karang.

WP_20130606_008

Tanjung Aan.

Sekitar sore jam 3 kita sampai di Bangsal, lalu bergegas membeli tiket kapal menuju Gili,  murah saja, hanya Rp12.500 dan kita akan diseberangkan menggunakan kapal motor, bergabung bersama penumpang lain. Aura turis mulai terasa, kebanyakan mancanegara karena sedikit sekali turis lokal yang bisa saya lihat, kecuali rombongan kami. Penyebrangan hanya memakan waktu kira-kira setengah jam, sedikit bergoyang mungkin berefek mabuk laut bagi yang tidak terbiasa.  Sesampai di Gili, langsung disambut suasana pulan private dengan keasrian dan suasana pantai yang kental. Kita langsung bergegas ke pnginapan untuk menaruh barang-barang dan pergi makan malam. Keesokan harinya, adalah hari Snorkling. Dan Laut Gili, punya kemampuan tersendiri untuk memukau kami.

Hari Jumat yang tidak terlalu panas, pemandu sudah siap dan kamipun pergi bersnorkling. Diantar ke empat titik snorkiling dimana kita bisa menikmati keindahan pemandangan bawah laut, dengan terumbu karang yang warna-warni.  Disini karangnya lebih baik dari Tidung yang pernah saya lihat tiga tahun lalu. Lautnya begitu jernih, dasar kelihatan langsung dari atas perahu. Benar-benar rileks, menyelam terkena air sekaligus dipapar sinar matahari yang tidak terlalu terik. Kita brpindah disekitar Gili Trawangan, Meno dan Air, diakhiri dengan menikmati matahari tenggelam dari atas perahu. Tenang sekali. Hanya ada kami,air dan ufuk. Pikiran pekerjaan benar-benar bisa kita lesapkan dari, menyelami suasana lburan yang tenang dan membumi.

WP_20130607_023

WP_20130607_119

WP_20130607_013

Di Kapal,menikmati sunset,bersama kolega Radya Labs

Di Gili, tidak ada kendaraa bermotor, jika Anda cukup penat untuk berkeliling bisa menggunakan angkutan khas disini, Cidomo dengan merogoh kantong cukup dalam, atau menyewa sepeda. Selebihnya,kaki anda adalah alat terbaik untuk berkeliling melihat-lihat daerah sini. Kami menginap di Gili Trawangan, Gili yang paling besar diantara ketiga gili ini. Sepanjang pantai adalah tempat makan, penginapan dan pusat informasi turis. Seafood sudah pasti menjadi hidangan utama disini. Selain tempat makan, beberapa pub tempat para turis “berdansa” atau “berkebun” dapat dengan mudah ditemui dsini. Bagi Anda yang bosan dengan gaya “dansa” ibu kota, mungkin sesekali bisa mencoba gaya pub tepi pantai yang khas dan lebih sederhana disini.

Hari ketiga di Gili, dihabiskan dengan diving dan berkeliling pulau. Saya menyempatkan diri hingga ke ujung timur pulau untuk menemukan sisi pantai yang lain. Terdapat satu villa yang sedang dijual disana, dalam bayangan saya,berbekal koneksi internet yang cukup,tempat itu bisa saja jadi kantor yang menyenangkan Senyum dengan mulut terbuka. Coding ditepi pantai, sambil menikmati seafood atau BBQ.

Foto tim Diving

Hari keempat merupakan hari bermalas-malasan, menikmati hari terakhir di Gili,bersantai dipenginapan, melihat sunrise atau sunset dari pantai depan sembari ngobrol-ngobrol. Suasananya benar-benar pas untuk hanya sekedar tidak melakukan apa-apa,membiarkan waktu berlalu begitu saja hingga larut,sesekali sambil bermain kartu atau permainan “lainnya”. Membawa kita menuju hari terakhir, untuk pulang. Sebelum pulang, kita menyempatkan diri untuk menikmati hidangan SeaFood di Scallywag,yang ternyata enak sekali , enak bagi perut tidak enak dikantong. Selama diGili,beberapa tempat yang kita kunjungin diantaranya adalah Juku, Juku Marlin, BlackPenny, ScallyWags, Tami’s Lunch di Gili Meno. ScallyWags dan Tami’s Lunch adalah tempat yang lebih enak dibandingkan sisanya.

Hari kelima, kita berkemas dan bergegas kembali ke main island. Menuju Bandara, kita melewati jalur tepi Senggigi. Sepanjang mata memandang, adalah hamparan laut yang memantulkan sinar-sinar matahari. Pemandangan seperti itu saja, cukup membuat kita dapat menikmati perjalanan Bangsal-Mataram tanpa perlu berucap. Sebelum pulang,kita sempatkan untuk menikmati Ayam Taliwang Lombok yang khas itu di Irama,tempat yang terkenal enak untuk santap Taliwang.

Gili, punya suasana yang lebih private dan cocok untuk kita yang mencari ketenangan dan tempat untuk ber “leyeh-leyeh”. Jangan bayangkan kondisi yang sesak dan modern seperti dipinggir Kuta Bali, atau suasana yang terlalu sepi seperti di Tidung. Gili ramai dengan turis,penuh dengan tempat makan dan membiarkan kita punya waktu untuk menikmati hari yang berlalu begitu saja, walau hanya dengan duduk-duduk di tepi pantai, atau berbaring menikmati matahari pantai. Suasana yang santai, angin laut yang semilir, pantai, pasir putih dan laut jernih, adalah yang Anda akan dapatkan di Gili.