Banyak Jalan ke Roma

Katanya banyak jalan ke Roma. Saya sih belum pernah mencoba secara langsung apakah memang benar banyak jalan ke Roma. Frase tersebut memang ditujukan untuk memberikan “semangat” bahwa untuk mencapai suatu tujuan, banyak cara yang bisa dilakukan. Pertanyaannya, apa tujuan yang ingin anda capai ?

Pernahkan kita merasa, memiliki rutinitas selama bertahun-tahun, hal yang anda lakukan setelah bangun pagi, dan hal yang anda pikirkan sejenak sebelum anda tidur ? Pernahkah kita memiliki, hal-hal yang membuat kita beraktivitas setiap hari, menjalani waktu-waktu kita, hanyut dalam kesibukan yang membuat kita merasa punya tujuan, walaupun dalam skala yang amat kecil : Menyelesaikan task yang kita miliki ?

Lalu, pernahkah kita, karena suatu alasan tertentu,waktu atau memang sudah masanya,suatu aktivitas yang menemani kita setiap hari harus diakhiri. Dan tiba-tiba kita mulai merasa aneh. Kita merasa sedikit ada ruang kosong yang tersisa karena sesuatu hal tersebut. Terkadang hal itu bisa terjadi, karena suatu tujuan dalam hidup sudah tercapai, tapi kita bjelum memutuskan tujuan berikutnya yang ingin diraih.

Hal ini membuat saya tersadar,bahwa kita bisa memandang hidup sebagai sebuah koleksi tujuan. Tujuan-tujuan yang membuat kita “penuh”. Sehingga,jika dalam hidup kita sudah mencapai salah satu tujuan, segeralah mencari tujuan berikutnya hingga “kekosongan” tidak perlu menghampiri kita. Karena terkadang kekosongan bisa menjadi kurang produktif. Kita merasa kurang driven. Merasa kurang bersemangat.

Salah satu yang bisa dicoba, setidaknya ini bekerja buat saya, adalah mengambil liburan sejenak untuk menikmati apapun yang ingin anda nikmati, lalu coba kembali ke rutinitas. Jalani rutinitas hingga sebuah tujuan akan terkulminasi kembali dan akhirnya menjadi tenaga penggerak kita. Beruntung,misalnya salah seorang teman saya, yang sudah punya banyak tujuan dalam hidupnya, bahkan untuk Indonesia. Punya hal seperti itu membuat kita sudah dapat memilih jalan dan lorong yang ingin dilalui. Jika tidak, kita hanya perlu terus berusaha.

Well, banyak jalan ke Roma. Suatu hari, saya ingin mencoba melihat, apakah benar-benar banyak jalan untuk ke Roma.

2 thoughts on “Banyak Jalan ke Roma

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s