Hitung Kasar Harga Proyek Aplikasi Mobile

Seringkali sebagai pengembang aplikasi mobile saya ditelpon atau mendapatkan email mengenai perkiraan harga sebuah pembuatan aplikasi mobile. Setiap perusahaan atau pengembang pasti punya formula sendiri-sendiri. Satu hal yang perlu klien ingat bahwa pengembang atau pelaku bisnis pasti ingin usahanya mendapatkan keuntungan,sehingga perhitungan pokok yang saya sampaikan disini biasanya hanya menjadi harga dasar, tanpa memperhitungkan keuntungan.

Proyek aplikasi mobile sebenarnya sama saja dengan proyek IT lainnya, paling sederhana ya cost nya ya dengan melihat seberapa kompleks aplikasi yang ingin dibangun dan berapa lama perlu diselesaikan. Dari informasi itu, kita bisa dapatkan jumlah orang yang diperlukan. Jumlah orang ini tentunya bervariasi sesuai dengan role pada proyek tersebut. Contoh perhitungan lengkap bisa anda lihat disini : http://netindonesia.net/blogs/zeddy/archive/2008/12/15/curhat-proyek-pak-koq-mahal-sih-cara-menghitung-nilai-proyek.aspx .

Saya akan highlight perhitungan kasar tersebut berjaga-jaga jika Anda tidak sempat membuka link diatas.

Contoh :
Proyek aplikasi mobile punya fitur A sampai P dan ingin diselesaikan dalam waktu 2 bulan. Karena 2 bulan deadline ini maka dibutuhkan :

  • 1 orang Programmer (coding,coding dan coding)
  • 1 orang Lead Developer/Project Manager (mengkoordinasikan pekerjaan, meeting dengan klien, menerjemahkan spesifikasi)
  • 1 orang Designer (membuat aset, tata letak,komposisi warna)

Saya bisa anggap komposisi diatas adalah jumlah minimal. Dalam kondisi yang ideal,biasanya dibutuhkan juga seorang tester untuk menguji keseluruhan aplikasi. Perlu dicatat, bisa saja satu orang merangkap dua role. Rangkap ini tidak serta merta membuat harga menjadi turun karena jumlah orang lebih sedikit. Karena ketika satu orang melakukan role rangkap, sudah jelas memiliki kemampuan yang berbeda dari orang yang hanya bisa mengerjakan 1 role pada waktu yang bersamaan.

Dengan komposisi orang tersebut,tinggal dihitung dengan biaya per orang per bulan. Misalkan harga rata-rata tiap role adalah sebagai berikut :

Contoh :

  • Programmer : 4 jt/ org / bln
  • Lead Developer : 7 jt/org /bln
  • Desainer : 4 jt/org. /bln

Maka untuk project tadi akan diperlukan biaya total : 4*2 + 7*2 + 4*2 = 30 juta.

Ini adalah angka minimal project tersebut, silahkan ditambahkan dengan komponen lain (misal listrik,keuntungan, internet dsb). Ingat,anda sedang berbisnis, Anda perlu untung dari setiap pekerjaan Anda. Misal saja, anda ambil 20% untuk diambil perusahaan (buat keuntungan,bayar-bayar, dan tabungan jaga-jaga jika tidak ada proyek) maka nilai proyek akan menjadi 36 juta.

Seperti yang saya sampaikan, bagi saya setidaknya minimal dua informasi saya perlukan : scope perkerjaan dan deadline. Jika proyek diatas dinginkan selesai dalam 1 bulan, pastinya diperlukan tambahan orang sehingga otomatis biaya akan naik.

Jika client  akan menawar maka menurut rekan @zeddyiskandar menawarkan dua opsi : turunkan profit margin atau jika scope negotiable untuk diperkecil (hal ini jarang terjadi karena klien sudah punya gambaran aplikasi yang dinginkan).

Jika ada yang bertanya mengapa gaji programmer/desainernya terlalu tinggi (ok,kadang ada saja yang bilang 4 jt/bln itu termasuk tinggi) Anda bisa jelaskan developer anda adalah tenaga profesional, yang menempuh 4 tahun pendidikan dan seterusnya sehingga WAJIB dibayar dengan harga wajar.

JIka client minta diturunkan, ambilah harga yang masuk akal bagi Anda. Ingat, Anda punya hitungan sendiri agar bisnis Anda tetap berjalan. Jika angka masih tidak ketemu, mungkin saatnya Anda mundur dan memberikan rekomendasi pada klien anda kepada mereka yang lebih spartan dan militan.

Jika client mengelak bahwa aplikasinya kan “cuma begini doang”, “fitur nya cuma ini”, “gampang kok” maka Anda perlu memberikan edukasi yang baik untuk mengerti bahwa tidak ada aplikasi yang selesai secara instans. Dan ingat-ingat gambar dibawah ini.

tumblr_mu7x6sF1Ib1qkxrtro1_1280

One thought on “Hitung Kasar Harga Proyek Aplikasi Mobile

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s