Bicara #Heart2Heart ala @raisa6690

Beberapa waktu yang lalu penyanyi solo, Raisa akhirnya merilis album keduanya. Bagi yang belum tahu Raisa, dia adalah penyanyi muda wanita yang sedang sangat populer di Indonesia. Album pertamanya cukup sukses dan Raisa segera menjadi banyak idola para penikmat musik Indonesia. Saya sendiri tidak terlalu mengikuti sepak terjang Raisa hingga beberapa bulan terakhir dan berencana merilis album kedua. Selain karena lagu-lagunya yang memang bagus, saya melihat Raisa menggunakan beberapa cara kreatif berhubungan dengan teknologi informasi untuk memperkenalkan album keduanya.

Jual Lagu Secara Online

Makin berkembangnya berbagai layanan musik,baik streaming dan toko digital membuka kanal distribusi baru bagi artis atau label. Jika biasanya lagu hanya dijual melalui kaset dan CD, sekarang cukup populer juga jualan musik melalui toko digital. Album #Heart2Heart tersedia pada layanan Nokia Music dan iTunes dengan harga yang cukup terjangkau. Saya sendiri membeli album baru Raisa melalui Nokia Music, karena kebetulan saya menggunakan perangkat Windows Phone.

image

Selain jualan musik, Raisa menggunakan layanan streaming Guvera untuk memperkenalkan album barunya. Layanan ini tersedia secara gratis sehingga penggemar dapat mendengarkan musik secara streaming, lalu jika tertarik baru membeli musik agar dapat di putar dari device favorit tanpa harus selalu terkoneksi dengan internet.

image

Raisa bukan satu-satunya artis yang menggunakan layanan musik seperti ini namun langkahnya benar-benar membuat para penggemar yang sudah terbiasa dengan membeli musik tanpa harus ke toko kaset menjadi lebih mudah untuk mendapatkan lagu-lagunya. Jika ditambah dengan promosinya melalui akun-akun media sosial yang dia miliki, fans pun semakin tertarik untuk terus mengikuti perkembangan  sang artis.

Instagram dan Twitter

Raisa adalah salah satu artis yang cukup gencar menggunakan akun pribadi sosial media yang dimiliki untuk memperkenalkan album barunya. Ia beberapa kali melakukan ajakan kepada penggemarnya untuk semakin menyemarakkan peluncuran album barunya menggunakan akun twitter dan instagram di @raisa6690.

image

image

Kebanyakan penggemar Raisa sepertinya adalah kalangan remaja yang memang mudah akrab dengan situs-situs media sosial seperti ini. Beberapa rekan sesama artis juga mengikuti campaign hashtag ini sehingga semakin menyemarakkan suasana peluncuran album barunya.

 

Promosi Album Boxset melalui situs Flagig.com

Strategi tim Raisa berlanjut dengan membuat sebuah album box set edisi khusus yang berisikan pernak pernik yang berhubungan dengan Raisa. Tentunya para fans sejati akan dengan cepat mengingikan barang ekslusif seperti ini. Raisa bekerja sama dengan situs flagig.com untuk mengumumkan peluncuran boxset ini. Situs flagig.com adalah  sebuah web lokal yang berisikan informasi terbaru mengenai perkembangan musik. Situs ini sendiri baru berdiri pada tahun 2011. Bagi Flagig.com tentunya penempatan konten Raisa di website mereka dapat menjadi sarana membangun brand tersebut karena Raisa memiliki fans yang banyak. Penjualan box set ini habis hanya dalam beberapa hari.

image

 

Konser Launching Album dengan Live Streaming

Pada puncak acara launching album, Raisa menggunakan Google Hangout untuk menyiarkan konsernya melalu internet. Konsernya yang hanya dapat dihadiri oleh pemesan box set tentunya membuat para fans yang tidak kebagian tidak ketinggalan untuk menyaksikan konser tersebut melalui live streaming ini. Menariknya, untuk menyaksikan konser tersebut penggemar dapat menggunakan situs yang sudah biasa mereka gunakan yaitu Youtube. Langkah ini sangat menarik, karena begitu live streaming selesai, maka laman tersebut otomatis menjadi video yang dapat ditonton kapan saja oleh penggemar, layaknya video biasa yang diupload dengan normal. Selama konser, Google Hangout juga memiliki fasilitas ‘chat’ sehingga para fans dapat bertukar komentar mengenai jalannya acara. Sayangnya, ketika saya periksa link streaming tersebut hari ini, video tersebut sudah menjadi private sehingga tidak bisa dilihat lagi.

image

 

What’s Next ?

Kedepannya, mungkin masih ada beberapa kanal yang dapat di manfaatkan Raisa, atau artis Indonesia secara umum. Misalnya, aplikasi mobile Smile.

Saya sendiri sempat membuat prototipe tampilan aplikasi untuk platform Windows Phone seperti di bawah ini :

dda83f0fd862c3e24e0ad9c0fef09041cf3f5feb_jpg

Tentunya melalui aplikasi mobile, banyak hal yang bisa dilakukan dan interaksi antara fans-artis dapat dimaksimalkan lagi.

Untuk mengakhiri tulisan ini, saya akan membahas sedikit mengenai pendapat saya mengenai lagu-lagu di album ini. Raisa kembali dengan tema cinta, meskipun sangat beragam konteks dari lagu yang dinyanyikannya. Hanya ada satu lagi bertema non-cinta, yaitu lagu pertama, Bersinar. Disini Raisa mengejak orang untuk bersemangat menghadapi hari-harinya. Selain itu, cinta diceritakan dari berbagai sisi seperti LDR yang menggambarkan hubungan jarak jauh, Katakan yang menggambarkan keinginan seseorang untuk menuntut kejujuran dari pasangannya , Mantan Terindah yang menceritakan kisah cinta yang sudah berakhir namun masih ada hubungan yang terjalin. Dari sembilan lagu tersebut, Teka-Teki merupakan lagu favorit saya, selain karena tema lagu yang unik serta beat-nya yang cukup kencang sehingga enak didengarkan ketika coding.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s