Windows Phone 8.1

Fitur Baru Windows Phone 8.1

Windows Phone 8.1 adalah versi terbaru sistem operasi mobile besutan Microsoft yang diluncurkan versi preview-nya pada bulan April 2014. Dalam versi ini banyak pembaharuan dan perbaikan yang dilakukan, terutama dari sisi Enterprise. Tentu saja hal ini dilakukan untuk menarik lebih banyak lagi perusahaan yang menggunakan perangkat Windows Phone di dalam proses bisnis mereka.

Selain penambahan fitur baru untuk Enterprise, para pengembang juga diberikan akses terhadap berbagai fitur baru dan kemampuan yang ditawarkan oleh Windows Phone. Beberapa fitur baru yang ditawarkan ini adalah :

1. Geolokasi dan Geofencing, dengan kemampuan ini pengembang dapat memperoleh notifikasi ketika perangkat berada disekitar suatu area tertentu, memungkinkan scenario seperti menampilkan pesan ketika berada di area rumah atau kantor atau memberikan notifikasi suatu diskon adan penawaran ketika berada di area perbelanjaan

2. Media, dengan dibenamkannya Microsoft Media Foundation, sebuan platform multimedia generasi terbaru yang memungkinkan akses media, sinkornisasi dan media editing di perangkat smartphone

3. Notifikasi, Windows Phone 8.1 mengenalkan fitur baru yaitu Action Center, tempat terpusat untuk mendapatkan berbagai notifikasi dan pesan. Pengembang juga dapat menggunakan Windows Push Notification Service (WNS), teknologi yang sama yang digunakan Windows Store untuk mengirimkan notifikasi tile, sehingga menyeragamkan penggunaan di smartphone dan tablet.

4. Kontrol, terdapat berbagai kontrol baru yang dapat digunakan pengembang untuk memperbaiki dan meningkatkan pengalaman pengguna ketika memakai aplikasi yang dikembangkan

5. Roaming, memungkinkan aplikasi berbagai data dan konfigurasi sehingga terjadi sinkronisasi antara smartphone dan tablet

6. Share, memungkinkan antar aplikasi berbagai data sehingga meningkatkan interoperabilitas aplikasi yang dikembangkan di ekosistem Windows.

7. Bluetooth, memungkinan pengembang menggunakan API baru Bluetooth yang bersifat Low Energy, mendukung GATT Client, RFComm, dan lain-lain

Selain itu juga Windows Phone 8.1 menawarkan banyak fitur yang sifatnya berhubungan langsung dengan konsumen. Berbagai fitur ini misalnya :

1. Cortana, asisten pribadi yang dapat membantu pengguna menyelesaikan berbagai pekerjaan seperti pencarian, reminder, komunikasi dan sebagainya

2. Kustomisasi start screen dengan berbagai gambar background yang bersifat transparan dan paralaks

3. Action center, tempat terpusat bagi pengguna untuk melihat berbagai update dan notifikasi yang perlu diberikan perhatian

4. Pembaharuan aplikasi Store, adanya silent update dan perubahan layout.

5. Fitur baru ada aplikasi Kalender dan Kamera

6. Memproyeksikan layar ke monitor atau TV menggunakan kabel USB

Tentunya berbagai fitur baru ini diharapkan dapat meningkatkan adopsi penggunaan Windows Phone di kalangan pengguna smartphone.

image

Gambar 1 Fitur baru, Action Center dan kustomisasi background transparan pada Windows Phone 8.1

Konvergensi Model Aplikasi

Windows Phone 8.1 menawarkan tingkat konvergensi yang sangat tinggi dengan Windows 8.1. Hal ini tentu bertujuan untuk memberi kenyamanan dan kemudahan bagi para pengembang aplikasi untuk dapat mengembangkan aplikasi untuk kedua platform dengan sebanyak-banyaknya berbagi penggunaan source code. Konvergensi ini juga menjadi salah satu fitur terbesar yang ditawarkan. Konvergensi ini hadir untuk empat area yaitu :

· Dukungan bahasa pemrograman

· Model eksekusi

· WinRT API

· Backend services

Pada saat kita ingin mengembangkan aplikasi untuk Windows Phone 8.1, kita dihadapkan pada pilihan untuk memilih antara C#/VB.NET +XAML dan DirectX C++. Pada Windows Phone 8.1 pilihan ini diperbesar dengan adanya dukungan terbaru untuk C++/XAML dan pengembangan aplikasi native menggunakan HTML/Javascript. Tentunya ini merupakah salah satu keuntungan yang di dapat setelah Windows Phone 8.1 membawa platform yang semakin konvergen dengan platform saudaranya, Windows 8.1.

Kemudian jika aplikasi Windows Phone 7/8 seluruhnya berbasiskan model eksekusi Windows Phone Silverlight maka Windows Phone 8.1 menawarkan tambahan model eksekusi baru, yang serupa dengan digunakan di platform Windows 8.1 Model Silverlight sendiri tetap tersedia dan tidak berubah. Namun, berbagai fitur baru WinRT yang dibenamkan di Windows Phone 8.1 hampir sebagian besar berjalan mengikuti model eksekusi Windows RT. Model aplikasi yang didukung di Windows 8.1 kini juga didukung oleh Windows Phone 8.1 seperti yang terlihat pada Gambar 2.

image

Gambar 2 Model aplikasi yang didukung di Windows Phone 8.1

Artinya, pengalaman pengembang dalam mengembangkan aplikasi Windows Store kini juga dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi Windows Phone, termasuk kode yang ditulis. Selain itu dari sisi beberapa fitur major seperti penggunaan background task, pola navigasi dan notifikasi sekarang menjadi konvergen. Kode yang pernah ditulis untuk Windows 8.1 dapat digunakan kembali di Windows Phone 8.1. Lebih lanjut lagi sebuah aplikasi Windows Phone 8.1 yang memanfaatkan Windows Runtime menggunakan package yang sama dengan yang digunakan pada Windows 8.1, yaitu .appx.

Lalu bagaimana dengan .xap ? Apakah seluruh aplikasi untuk Windows Phone 8.1 berubah package menjadi .appx ? Hal ini merupakan informasi yang perlu diketahui oleh para pengembang sebelum memutuskan untuk mengupgrade aplikasi Anda ke Windows Phone 8.1. Pada platform Windows Phone 8.1 , sesungguhnya memang ‘hidup’ dua model yang berbeda, yaitu Windows Phone Silverlight dan Windows Phone Store. Windows Phone Silverlight adalah ‘legacy’ model yang sudah ada sejak versi Windows Phone 7, dan tentu saja tetap dijaga untuk kompatibilitas. Semua aplikasi yang ditargetkan untuk Windows Phone Silverlight tetap menggunakan .xap sebagai hasil kompilasi proyek. Lalu terdapat Windows Phone Store, atau dikenal istilah jg Windows Runtime (WinRT) yang menggunakan package serupa dengan saudara besarnya di desktop/tablet, yaitu .appx. Konsekuensi dari hal ini akan coba dibahas pada bagian selanjutnya buku ini.

Platform WinRT sendiri hampir sebagain besar sudah dibenamkan di Windows Phone 8.1. Hal ini termasuk stack Windows Runtime XAMl yang baru, operasi I/O, live tile, background agent dan geofencing. Beberapa API memang masih belum tersedia : (1) API yang tidak cocok digunakan di smartphone, misalnya Printing dan search contract, (2) API yang membutuhkan waktu lama untuk diimplementasi di phone.Tentunya konvergensi di area API ini meningkatkan persentase kode yang dapat dibagi diantara 2 project berbeda platform ini.

Dari sisi backend juga terdapat area konvergensi, diantaranya :

· Pemanfaatan penggunaan teknologi push notification, sekarang Windows Phone 8.1 sama-sama menggunakan Windows Notification Service (WNS) dibandingkan MPNS.

· Pemanfaatan roaming, yaitu kapabilitas untuk berbagai tempat penyimpanan roaming yang dapat ‘bergerak’ antar perangkat.

Pembelian aplikasi Windows Phone 8.1 dan Windows 8.1 yang berbagai identifier yang sama menyebabkan pengguna tidak perlu membeli kedua aplikasi secara terpisah. Jika pengguna sudah membeli versi Windows Phone, maka pengguna dapat mengunduh versi Windows 8 secara gratis, kecuali pengembang mengaturnya untuk tetap terpisah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s