Memilih Model Aplikasi pada Windows Phone 8.1

Kita telah mengetahui bagaimana Windows Phone 8.1 memiliki dua model. Dua model aplikasi ini serupa tapi tak sama. Windows Phone Silverlight dan Windows Phone Store,keduanya dapat dikembangkan menggunakan bahasa C# namun memiliki signature API yang tidak seluruhnya sama. Keduanya juga bisa menggunakan XAML untuk desain antarmuka tetapi memiliki stack yang seluruhnya berbeda. Anda dapat menggunakan pengetahuan C# dan XAML yang selama ini Anda miliki namun pada kenyataan implementasi, Anda mau tidak mau harus beradaptasi dengan model yang ditawarkan.

Keputusan untuk memilih, tetap bertahan di Windows Phone 8, upgrade ke Windows Phone 8.1 Silverlight ataupun melakukan porting ke model Windows Phone Store sepenuhnya ada di tangan pengembang. Tidak ada semacam silver-bullet, panduan yang dapat digunakan untuk memutuskan bahwa salah satu model lebih baik dari model yang lainnya. Pada bagian ini akan dijelaskan, bagaimana dasar berpikir yang sebaiknya digunakan untuk memilih apakah sebagai pengembang, Anda akan stay di Windows Phone 8, upgrade ke Windows Phone 8.1 Silverlight atau melakukan porting ke Windows Phone 8.1.

Semua aplikasi Windows Phone Silverlight akan terus dapat digunakan di perangkat yang menggunakan Windows Phone 8 dan Windows Phone 8.1. Kita dapat terus (stay) menggunakan versi ini jika tidak membutuhkan fitur yang hanya tersedia di Windows Phone 8.1. Lagipula, tentu saja di masa awal peluncuran, sebaran pengguna yang meng-upgrade ke versi terbaru belum terlalu banyak. Anda pun dapat memilih untuk tetap menggunakan versi Windows Phone 8, lalu membuat package baru yang mendukung versi 8.1. Hal ini memungkinkan kita tetap menyediakan aplikasi WP 8 untuk perangkat yang belum di-updae dan menyedikan paket baru, entah itu Windows phone Store atau Windows Phone Silverlight 8.1 untuk pengguna yang sudah meng-update.

Sebagian fitur baru hanya tersedia di Windows Phone Silverlight. Pada kasus ini, Anda hanya perlu stay atau upgrade daripada melakukan porting Windows Phone Store. Fitur-fitur ini adalah :

· Clipboard

· Lockscreen

· Akses ke ringtone

· Fitur alarm dan reminder

· Aplikasi berbasis Lens

· Ekstensibility

· Aplikasi berbasis VoIP

· Fitur Search

· SoundEffect

Beberapa fitur di Windows Phone Silverlight berubah atau bekerja sedikit berbeda pada Windows Phone Store. Perlu diperhatikan jika Anda ingin menggunakan fitur-fitur berikut ini :

· Background processing

· Transfer data

· Background Audio

· Direktori dan Peta

· Lokalisasi dan Globalisasi

· Otomatisasi UI

· Kontrol

· Monetisasi

· Speech

· Tile, Toast dan Notifikasi

· Wallet

Maka perlu memahami bagaimana perbedaan fitur tersebut bekerja di dua model aplikasi yang terdapat pada Windows Phone 8.1. Karena adanya perbedaan tersebut maka proses memindahkan aplikasi dari Windows Phone Silverlight ke Windows Phone Store lebih tepat disebut porting karena ada beberapa kemungkinan perbedaan aplikasi. Pemindahan aplikasi ke Windows Phone Store memungkinkan pengembang mendapatkan konvergensi yang lebih besar sehingga jika memutuskan untuk mengembangkan aplikasi sejenis di tablet, banyak bagian kode yang bisa digunakan kembali.

Dengan pengetahuan ini, maka keputusan untuk tetap menggunakan Windows Phone Silverlight 8, upgrade ke Windows Phone Silverlight 8.1 atau porting ke Windows Phone Store benar-benar perlu melihat seberapa besar kebutuhan terhadap fitur Windows Phone 8.1. Jika memang dibutuhkan fitur 8.1 maka upgrade merupakan pilihan yang tepat. Dan jika konvergensi dan terdapat kemungkinan pengembangan aplikasi yang serupa di platform tablet, bisa jadi porting akan membawa kemudahan bagi pengembang di kemudian hari.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s