Menikmati Matahari Terbit Bromo

Dua minggu lalu, saya dan istri menghabiskan waktu selama tiga hari untuk berlibur ke daerah Jawa Timur. Target kita adalah mengunjungi Bromo dan Batu, lalu tempat-tempat disekitar-nya. Sepanjang perjalanan kita mengunjungi beberapa tempat yang menarik, tempat-tempat yang bagus untuk difoto lalu tentu saja tempat-tempat kuliner. Tidak lupa membeli oleh-oleh khas Jawa Timur sebelum pulang. Tulisan ini adalah bagian kedua dari tiga tulisan yang saya rencanakan. Anda juga dapat melihat bagian pertama di Surabaya dan bagian ketiga di Batu dapat dilihat disini.

Menu utama hari kedua tentu saja adalah mengunjungi spot-spot menarik di sekitar puncak Bromo. Berbekal jeep sewaan seharga Rp 600.000 (sepertinya memang harga-nya sekarang sekitar segitu) kami diantar ke empat tempat, yaitu Bukit Pananjakan untuk melihat matahari terbit, ke kawah Bromo, ke Pasir Berbisik dan ke Bukit Teletubbies.

Dari penginapan ke bukit pananjakan, memakan waktu 30 menit. Bukit Pananjakan adalah satu titik dimana kita dapat melihat pemandangan matahari terbit dengan latar belakang tiga gunung berjejer yaitu Batok,Bromo dan Semeru. Area ini sangat ramai sekali, meskipun waktu itu baru sekitar jam 4 pagi. Udaranya tentu saja dingin. Saya menggunakan baju lengan panjang dilapis lagi dengan jaket. Orang berbondong-bondong berebut mencari celah dan tempat terbaik untuk menyaksikan pemandangan tersebut. Sekitar jam 5 fajar mulai menyingsing, cahaya keemasan muncul pelan-pelan seolah memberikan lampu sorot bagi “hidangan utama” pemandangaan  samudera awan dan tiga gunung Batok,Bromo dan Semeru.

Dua tahun yang lalu saya sudah pernah kesini tapi sayang pemandangannya tertutup kabut tebal. Tetapi tidak hari ini. Cuaca cerah dan mata kita pun akan dimanjakan dengan pemandangan yang sangat indah dan menyegarkan.

S__1081362

S__1081348

Saya pun ingin segera berhenti mengambil foto lalu menikmati dengan mata sendiri pemandangan menakjubkan ini. Makin matahari meninggi makin menipis kabut tersebut hingga akhirnya seluruh pemandangan terbuka dan kita bisa melihat area gurun pasir di kaki kawah Bromo.

Puas di bukit Pananjakan, kita turun untuk melihat kawah Bromo dari dekat. Perjalanan menurut melalui jalan yang sama ketika pagi harinya naik dengan pemandangan hijau dan udara yang begitu mudah untuk dihirup. Tidak lama kemudian kamipun tiba di kawah Bromo.

Menuju bibir kawah ini Anda dapat berjalan kaki atau menunggangi kuda hingga batas tangga ke puncak. Memang, mobil jeep diparkir sedikit jauh dari anak tangga tentunya untuk memberikan kesempatan pada rekan-rekan mereka mencari penghidupan dari penyewaan kuda. Karena masih bersemangat, kamipun naik ke kawah dengan berjalan kaki. Baru pada malam hari-nya kami sedikit menyesali keputusan tersebut Smile.

Bromo adalah salah satu gunung aktif yang mengeluarkan gas belerang dari kawah-nya. Kita tidak disarankan berlama-lama disana khawatir gas tersebut dapat membahayakan tubuh kita.

IMG_2565IMG_2576IMG_2584IMG_2628IMG_2634IMG_2638

Dari kawah Bromo, kami diantar ke kawasan Pasir Berbisik. Tidak banyak pemandangan disini selain hamparan pasir yang luas. Kawasan ini pun terkenal karena pernah masuk jadi tempat syuting film Pasir Berbisik yang dibintangi tante Dian Sastro dulu. Dikenal sebagai pasir berbisik karena jika sedang musim angin, angin akan meniup pasir ini dan mereka akan saling bergesek menimbulkan bunyi seperti orang berbisik.

Selesai melihat area Pasir Berbisik,dilanjutkan menuju Bukit Teletubbies. Ini adalah perbukitan di padang Savanna tidak jauh dari Puncak Bromo. Anda bisa menebak namanya seperti itu karena memang secara visual mirip dengan bukit yang ada di film anak-anak tersebut. Sebelum diberi nama demikian, warga sekitar hanya menamai daerah tersebut sebagai Padang Savanna biasa. Sulit mendeskripsikan bentuk dan pemandangan yang dilihat, saya rasa gambar dapat berbicara lebih banyak.

Bukit ini adalah paket terakhir dari lokasi-lokasi yang biasa dikunjungi para wisatawan. Tidak terasa perjalanan yang dimulai pukul 03.30 itu selesai juga sebelum jam 12 siang. Kita pun segera kembali ke penginapan untuk mandi dan melanjutkan perjalanan ke Malang.