Kota Wisata Batu

Empat minggu lalu, saya dan istri menghabiskan waktu selama tiga hari untuk berlibur ke daerah Jawa Timur. Target kita adalah mengunjungi Bromo dan Batu, lalu tempat-tempat disekitar-nya. Sepanjang perjalanan kita mengunjungi beberapa tempat yang menarik, tempat-tempat yang bagus untuk difoto lalu tentu saja tempat-tempat kuliner. Tidak lupa membeli oleh-oleh khas Jawa Timur sebelum pulang. Tulisan ini adalah bagian ketiga dari tiga tulisan yang saya rencanakan. Bagian pertama di Surabaya dapat dilihat disini, bagian kedua di Bromo dapat dilihat disini.

Kami sampai di Batu sekitar pukul 7 malam, setelah sebelumnya mengunjungi Bromo dan Malang untuk makan sore. Disisa waktu ini,sore hingga esok siang adalah saatnya menjelajahi tempat-tempat wisata di kota Batu. Perjalanan ke Batu dari Malang hanya memakan waktu 40 menit-an saja. Sesampai di Batu, kami langsung menuju penginapan untuk meletakkan koper dan bersiap mengunjungi Batu Night Spectaculer (BNS).

BNS adalah taman hiburan malam, satu-satu-nya tempat hiburan di Batu yang buka sampai malam. Isinya seperti Dufan mini, banyak permainan-permainan dan wahana hiburan. Tempat-nya ya lumayan untuk menikmati udara sejuk Batu di luar ruangan, melihat keramaian, ngemil atau sekedar bersenda gurau sambil menaiki wahana. Satu wahana yang menarik bagi saya adalah Lampion Garden. Disini terdapat banyak banyak lampion dengan beraneka rupa,seperti istana, menara eiffel, kereta kencana dan bentuk-bentuk lainnya. Tidak perlu waktu lama untuk berkeliling di BNS karena tempat-nya memang tidak terlalu besar. Saya sendiri setelah melihat BNS, menaiki sepeda gantung dan bermain rodeo. Satu hal yang saya pelajari dari rodeo, “menunggangi” itu ternyata sulit sulit sulit.

IMG_2829IMG_2843IMG_2852IMG_2855

Hari terakhir liburan, kami mengunjungi Jatim Park 2, Museum Satwa dan Kebun Binatang di pagi hari. Jatim Park 2 adalah theme park yang berorientasi “belajar sambil bermain” karena konsepnya yang menggabungkan zoo dan taman bermain. Jatim Park 2 hari itu ramai sekali dikunjungi oleh orang-orang. Kata driver kami, Jatim Park 2ini memang jadi tujuan utama wisata masyarakat, bukan hanya Surabaya atau Malang, tapi se-Jawa Timur.

Di Museum Satwa kita bisa melihat koleksi hewan yang diawetkan. Hewan-nya bermacam-macam mulai dari yang hidup di Indonesia sampai ke yang saya ngga tau sama sekali hidup dimana. Kadang bentuk-nya pun ud absurd-absurd, yang tanduknya melengkung, yang tanduknya ud kaya payung, dan sebagainya. Agak kasihan juga sih karena hewan tersebut diawetkan ya..jadi setelah dia meninggal bukannya dikuburkan tapi diberi balsem lalu dipajang di tempat seperti museum. Tapi ya kalo memang tujuannya untuk pendidikan ya agak ngga apa-apa juga.

IMG_2901IMG_2905IMG_2914IMG_2934IMG_2941

Dari museum Satwa bergeser sedikit ke kebun binatang Jatim Park 2, atau disebut Secret Zoo. Secret Zoo dibagi menjadi beberapa area sesuai dengan ekosistem kehidupan si binatang. MIsalnya ekosistem air, ekosistem savanna, ekosistem malam dan sebagainya. Disini kita bisa melihat hewan-hewan hidup, beristirahat dikandang masing-masing. Kadang ada juga hewan yang dikeluarkan lalu bisa diajak berfoto seperti anak harimau, ular sawah,nyemot dan sebagainya.

Hewan-hewan-nya cukup lengkap. Saya kagum juga, melihat bagaimana Jatim Park 2 dapat memenuhi isi kebun binatang dangan binatang-binatang yang bukan asli Indonesia, seperti Harimau Bengal, Singa, singa laut dan lain-lain. Bentuk-nya sudah aneka rupa. Saya rasa mereka pasti ada hubungan erat dengan berbagai kolektor/usaha kebun binatang di negara lain.

Selepas siang, kita akhirnya berkunjung ke Museum Angkut. Ini adalah wahana yang baru dibuka, sekitar 2 minggu sebelum kedatangan kami ke Batu, jadi pengunjungnya luar biasa ramai dan membludak. Museum Angkut sejatinya adalah museum yang mengoleksi berbagai moda transportasi yang ada di dunia. Mulai koleksi motor antik, sepeda ontel, bangkai helikopter pribadi Bung Karno dan lain-lainnya.

IMG_2942IMG_2946IMG_2973

Untuk melihat Museum Angkut, kita dikenakan biaya Rp 75.000, tambahan Rp 30,000 jika Anda membawa kamera. Disini Anda akan diantar melewati benda-benda koleksi yang dibagi menjadi daerah asalnya. Mulai dari lokal, Indonesia, Eropa , Amerika lalu ke suasana hollywood (ada BatCar) disini. Bagi saya, Museum Angkut tergolong tempat yang menarik untuk dikunjungi. Selain dapat menikmati desain historis dan futuristik kita juga dapat mengenal dan menambah wawasan.

Butuh sekitar 2,5 jam untuk mengitari seluruh wahana yang disediakan di sini. Sekitar pukul 4 sore kita selesai di museum Angkut dan kembali ke Surabaya untuk pulang ke Bandung.