Akun Developer

Pada masa-masa awal Windows Phone diperkenalkan oleh Microsoft pada Oktober tahun 2010, hal yang paling tidak menyenangkan bagi pengembang aplikasi lokal adalah bahwa pada saat itu developer dari Indonesia belum dapat membuka developer account. Alasannya ? Sesederhana bahwa Indonesia pada masa itu belum termasuk dalam daftar negara yang berhak, entah karena permintaan yang belum banyak, masalah pajak atau hal lainnya.

Sadar sebagai perusahaan yang baru dirintis pasti membutuhkan suatu kredibilitas, kami menyadari perlu melakukan sesuatu agar Radya Labs dapat  cepat dikenal. Cara yang terpikirkan waktu itu adalah mempublikasikan banyak aplikasi ke Windows Phone Store. Melihat pentingnya kepemilikan akun developer di Windows Phone kami mencoba menempuh cara lain. Yaitu, mendaftar via alamat di Singapura.

Cerita untuk memiliki akun ini terbilang ‘menarik’ dan membuat saya tersenyum setiap kali mengingatnya. Saya mencari kontak yang dapat kami pinjam data dirinya untuk dapat membuat akun. Waktu itu, rekan saya Alsa, sedang bekerja di Singapura dan bersedia mendaftar untuk kemudian akun developer-nya kami gunakan. Tapi timbul masalah lain, yaitu untuk mendaftar ternyata dipungut biaya $99, kecuali memiliki voucher DreamSpark. Tidak ingin rugi sepeserpun alias karena belum tersedia modal akhirnya berbekal status saya yang saat itu masih mengambil S2 di ITB, dan masih berhak untuk mendaftar program DreamSpark dari Microsoft. Akun DreamSpark itulah yang saya gunakan untuk meng-generate kode voucher untuk mendaftar ke Windows Phone Store.  Alhasil, di bulan Maret, 2011, kami berhasil memiliki akun developer dengan nama pengembang “Radya Labs”.

akunalsa

Dan perjalanan itu dimulai.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s