Op-ed

sumber : DailySocial.net

Teman-teman SMA saya yang akhirnya mengetahui bahwa saya menjalankan usaha sendiri ketimbang bekerja sebagai karyawan banyak yang bertanya bagaimana saya bisa berubah haluan. Bagaimana awalnya kepikiran untuk memulai bisnis dari awal. Mengapa ? Karena memulai bisnis sendiri setelah lulus kuliah di daerah kami belum dipandang sebagai pilihan yang lazim.

Dan begitu tidak lazimnya, bahkan bagi saya, karena hingga akhir 2010-pun sebenarnya saya masih belum kepikiran. Alih-alih kepikiran, saat itu malah saya sedang gencar-gencarnya memasukkan lamaran pekerjaan ke beberapa perusahaan. Hingga suatu malam Sabtu, komunitas Fowab mengadakan acara sesi sharing dengan beberapa orang yaitu Rama Mamuaya dari DailySocial, Selina Linman dari Urbanesia dan Satya dari Koprol !

Saat itu saya tidak tahu Koprol itu apa dan belum pernah menggunakan layanannya. Begitu juga dengan DailySocial, belum pernah membuka dan membaca berita yang ada disana. Sampai disana saya baru tahu kalau Koprol, adalah perusahaan teknologi yang baru saja diakuisisi oleh Yahoo! dan semua orang yang datang tampak excited.

Dalam diam, saya mendengarkan Rama,Selina dan Satya membagikan pengalaman mereka masing-masing dalam memulai usaha di bidang internet. Ini bukan sesi kuliah, jadi formatnya tidak formal. Mereka berbicara apa adanya, lancar sekali, tanpa maksud menggurui. Yang saya rasakan adalah ketika mereka membagikan pengalaman mereka tersebut, saya mendapati kesan jujur, kecintaan yang amat dalam dengan hal yang mereka lakukan tanpa rasa tinggi hati karena telah sampai pada posisi saat itu. Kata passion hari itu belum terlalu sering didengungkan sebagai alasan untuk mendirikan perusahaan. Tanpa mendengar kata passion, saya mendapati kesan mereka benar-benar menyukai hal yang mereka lakukan. Dan mereka menceritakan hal itu semua bukan dengan nada sombong tapi ingin membagikan personal experience mereka. Menggunakan perspektif orang pertama. Bagaimana seseorang bisa memilih pekerjaan yang ingin mereka kerjakan dan mecintai pekerjaan itu sekaligus ? Bagaimana mereka tidak pernah mengajak untuk jadi seperti mereka tapi tanpa sadar mereka menyalakan api semangat untuk menjadi seperti mereka ? Kenyataan itu benar-benar sesuatu hal yang baru bagi saya.

Berbagi personal experience dan pandangan pribadi merupakan hal yang penting menurut saya. Dengan bercerita dalam perspektif personal akan dapat memberikan pemahaman kepada orang lain mengapa kita melakukan sesuatu dengan cara tertentu. Pada beberapa kali kesempatan ( dan ini sangat sering Smile ) saya makan malam bareng dengan teman-teman di Radya Labs, tanpa terencana saya sering kali berbagi pandangan saya dan Tito, terutama mengenai perusahaan, masa-masa awal menjalankan perusahaan, menjadi seperti apa perusahaan ini nantinya dan berbagai pengalaman menghadapi klien. Buku apa yang saya baca, hal lain apa yang saya kerjakan diluar pekerjaan. Dan, biasanya perbincangan ini akhirnya menjadi dua arah, dan saya juga ikut mendengar berbagai pengalaman pribadi teman-teman yang membuat mereka akhirnya ‘mendarat’ di Radya Labs, mengerjakan apa yang mereka kerjakan sekarang atau memutuskan untuk tidak melakukan hal yang tidak dilakukan saat ini.

Kita semua punya pandangan ideal mengenai sesuatu. Dalam hal ini, saya punya pandangan ideal bagaimana Radya Labs berjalan dan arah mana yang ingin dituju. Ketimbang memaparkan secara formal kultur, visi atau misi perusahaan ini, saya lebih senang bercerita dan membagikan hal-hal yang sudah dan sedang terjadi dalam format yang lebih santai. Harapannya,teman-teman bisa memahami saya dengan sisi ‘manusia’ yang ada dalam diri saya dan pada akhirnya memahami mengapa saya menginginkan sesuatu, bagaimana Radya Labs ingin dijalankan dan bagaimana mereka dapat berperan di dalamnya.

Leave a Reply

