Cerita Tentang Al-Kautsar

Proses pencarian nama merupakan suatu tahap mengasyikkan yang akan dilewati setiap pasangan yang akan memiliki anak. Nama, adalah cara memanggil anak kita nanti. Tentunya, kita ingin anak dipanggil dengan cara yang baik. Anak pertama kami yang baru lahir 2 minggu lalu diberi nama Kautsarrazky Raisyafa Pramudya. Lalu benarkah kata Raisyafa terinspirasi dari nama Raisa, salah satu penyanyi yang sangat populer saat ini ?

Kami mulai berdiskusi mengenai nama yang ingin diberikan di bulan ke-8 kehamilan. Saya sendiri belum punya bayangan. Istri sudah. Tahap pertama diskusi kami adalah menetapkan huruf awal yang akan digunakan. Kami sepakat tidak menggunakan huruf yang berada di barisan awal alfabet maupun akhir. Memilih huruf K adalah hasil yang lahir dari pemikiran tersebut.

Selanjutnya hal yang disetujui adalah jumlah kata, yaitu tiga. Tiga kata supaya tidak perlu ditambahkan bin  nama ayah jika ingin melakukan ibadah haji. Bukan satu atau dua. Tapi tiga. Satu, terlalu pendek seperti ibunya. Satu kata identik dengan nama-nama orang jaman dulu. Lihat post saya sebelumnya, semua nama om, ibu dan tante saya terdiri dari satu kata. Tidak pula dua, tapi tiga.

Dan tentu saja, saya ingin diakhiri dengan nama belakang saya, Pramudya. Meskipun itu bukan nama keluarga, seperti layaknya orang bule memberikan nama dalam keluarga, tetapi saya ingin seluruh anak saya memiliki elemen tersebut di dalam namanya.

Jadi kami sudah punya huruf K, tiga kata dan mengandung kata Pramudya.

Langkah selanjutnya adalah mencari dua kata lainnya. Kami ingin  memilih nama yang mengandung unsur bahasa Arab namun tidak terlalu terdengar Arab.

Dua kata yang dipilih adalah Kautsarrazky dan Raisyafa. Kautsar artinya ‘yang berlimpah’, Razky diambil dari kata Rezeki.  Raisyafa, berasal dari kata syafa’at, arti syafa’at menurut istilah adalah memberikan manfaat. Jadi bukan berasal dari kata Raisa, meskipun saya memang salah satu fans Raisa Smile.

Ketika kami sudah mengantongi nama Kautsarrazky Raisyafa Pramudya, beberapa hari sebelum kelahiran. Seorang teman, membagi link youtube di facebook-nya. Suatu video yang bercerita tentang asal muasal surat Al-Kautsar. Saya menonton video tersebut. Dan setelah menonton, saya semakin mantab memberi nama Kautsarrazky Raisyafa Pramudya.

Berikut video tersebut :

credit to Irfan Afif for the video

Leave a Reply

