Prediksi Usia Menggunakan AzureML

Azure Machine Learning atau AzureML adalah salah satu layanan Azure yang dapat digunakan oleh pengembang aplikasi yang membutuhkan algoritma canggih pembelajaran mesin untuk menghasilkan kesimpulan atau keputusan dari sejumlah data yang besar dan sulit diproses dengan cara yang biasa.

Salah satu cara Microsoft menunjukkan kemampuan AzureML adalah dengan membangun sebuah website yang dapat memprediksi berapa usia seseorang berdasarkan foto yang kita upload. Dari sisi pengguna, caranya sangat mudah, pilih foto dengan fitur wajah, lalu upload dan tunggu sistem melakukan analisis dan menunjukkan hasilnya. Under the hood, website melakukan beberapa proses yang canggih seperti melakukan deteksi wajah, menganalisis fitur wajah dan membandingkan fitur tersebut dengan sejumlah dataset dan training sehingga menghasilkan kesimpulan yang dinginkan.

Percobaan pertama adalah mengunggah foto kelulusan waktu saya menyelesaikan Magister yang diambil pada tahun 2013 :

image

Secara aneh bin ajaib, sistem menebak usia saya adalah 29, yang mana kelebihan 4 tahun dari usia sebenarnya pada tahun tersebut. Tak percaya dengan hasil tersebut saya unggah foto yang lain, kali ini diambil pada tahun 2010, foto andalan saya yang digunakan diseluruh foto profil jejaring sosial yang saya miliki.

image

Boom. Hasilnya sama. Konsisten. Tetap 29. Bagaimana foto saya pada tahun 2009 dan 2013 menghasilkan nilai yang sama ? Kesimpulan awal : sejak 2009 wajah saya terlihat lebih tua dari usia sebenarnya, akan tetapi sejak 2009 wajah saya tidak berubah secara signifikan. Poin nomor 1 disitu kadang membuat saya sedih, poin kedua, membuat sedikit senang.

Untuk memastikan hasil prediksi ini, saya upload foto istri, foto ini diambil bulan November, 2014.

image

Hasilnya mengejutkan, 23 tahun. Lebih muda dari usia yang sebenarnya. Merasa tidak terima saya coba upload foto yang lain.

image

Hasilnya menjadi lebih mudah : 20. Foto ini diambil pada hari yang sama. Dengan raut wajah yang sedikit berbeda membuat usia istri saya menjadi 3 tahun lebih muda. Poin pentingnya adalah istri saya awet muda. Amiiin.

Belum merasa kapok, saya pun mencoba peruntungan dan mengupload foto yang diambil sekitar bulan Agustus 2014. Dan hasilnya…

image

Boom. Perbedaan usia foto dari yang terakhir yaitu 2013 ke 2014 menghasilkan penambahan usia menjadi 33 tahun. Tentu saja, senyuman lebar foto diatas tidak berhasil mengelabui algoritma aplikasi, pada dasarnya muka saya memang terlihat lebih tua dari usia aslinya.

Menyerah dengan kenyataan. Sayapun membuat blogpost ini untuk kesenangan pribadi.

One thought on “Prediksi Usia Menggunakan AzureML

  1. Hai kak. Kenalin kiki junior sma8 2 th di bawah kk.
    Ini pertama kalinya baca blog ini. Hahahaha entah kenapa posting ini ky postingan remaja kok (baca:muda), yang dikemas dg bahasa tidak alay. Menghibur hihi 😝

Leave a Reply

