Bandung Developer Day #1

Tanggal 7 November yang lalu, FowabEdu didukung oleh Microsoft Indonesia dan Dicoding telah menyelenggarakan kegiatan Bandung Developer Day, acara yang bertujuan memberikan berbagai pengetahuan terbaru bagi para developer khusus-nya di kota Bandung mengenai teknologi pengembangan aplikasi.

Pada event yang pertama ini, topik yang dibawa adalah pengembangan aplikasi berbasis Web. Acara diselenggarakan di Co & Co Space, mulai jam 1 hingga jam 5 sore, dihadiri 40-an peserta yang datang dari latar belakang mahasiswa, pengembang aplikasi dan penggiat startup. Topik yang dibahas mulai dari introduction terhadap teknologi dan pengembangan web untuk produk dan solusi yang dibutuhkan oleh masyarakat, dibawakan oleh Norman Sasono dari Microsoft Indonesia. Topik berikutnya adalah cara membangun aplikasi web modern dan API untuk aplikasi mobile, dibawakan oleh Puja Pramudya dan Rendy dari Radya Labs. Topik terakhir adalah cara menggunakan web analytic untuk memonitor lebih lanjut aplikasi web yang sudah dikembangkan oleh Wiku Baskoro dari Dailysocial.

Karena sesuatu dan lain hal, topik analytic dimajukan menjadi topik yang pertama disampaikan. Wiku memberikan hal-hal yang perlu diperhatikan bagi pengembang aplikasi web, mengenai metrik yang perlu diukur, apa yang perlu diperhatikan. Tujuan utama pemiliki produk adalah bagiamana setiap metrik itu dapat terus ditingkatkan. Wiku memberikan ilustrasi dan pemahaman disertai dengan demo dari real-experience yang ia miliki selama mengembangkan media teknologi Trenologi.com

Sesi berikutnya diisi oleh Pak Norman Sasono dari Microsoft Indonesia. Dengan pengalamannya bertahun-tahun membantu enterprise dan startup dalam memanfaatkan teknologi untuk menyampaikan solusi, Pak Norman memaparkan hal-hal yang perlu diperhatikan jika ingin membangun suatu produk berbasis web. Pengenalanan product development disertai dengan aspek-aspek teknologi pendukung yang perlu diperhatikan, misalnya penggunakan source control, lingkungan berbeda untuk development dan testing hingga penggunakan cloud seperti Microsoft Azure untuk hosting produk yang sudah dikembangkan.

Intro to Product Development from Wiku Baskoro
Sesi terakhir dibawakan oleh Puja dan Rendy dari Radya Labs Teknologi. Pada sesi ini, Puja dan Rendy membahas dari sisi teknis, hal-hal yang perlu diperhatikan pada saat pembangunan web modern dan API yang mudah digunakan oleh developer. Disini didemokan penggunakan Visual Studio 2013, bagaimana menggunakan Azure App Service sebagai hosting aplikasi, ApplicationInsight untuk mendapatkan statistik aplikasi hingga kemudahan pembuatan API menggunakan ASP.NET Web API.

ref : https://www.eventbrite.com/e/bandung-developer-day-tickets-19024967189

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s