Selamat Tahun Baru 2017!

2017

Dalam tulisan ini saya ingin memberi tambahan informasi mengenai infografik yang baru dirilis Radya Labs di awal tahun baru 2017.

Melihat dari permintaan dan tren di market, total opportunity1 yang diterima tahun 2017 adalah 40 permintaan. Dari total 40 permintaan hanya 17 saja yang bisa kami kerjakan terkait batasan waktu, tenaga dan biaya. Dari tipe solusi/software yang diminta, dapat dikategorikan menjadi 4 bagian besar yaitu mobile workforce, information system, consumer dan fintech solution. Dari sisi teknologi,  proyek yang hanya mobile-only masih merupakan porsi terbesar  yaitu 50%. Kebanyakan proyek tipe ini karena klien memiliki tim sendiri untuk mengerjakan sisi backend, apakah itu CMS atau API. Berikutnya proyek System, dimana kami menyediakan dua komponen, yaitu sisi frontend atau mobile-nya dan backend atau web-nya, hampir 38%. Terakhir, proyek yang hanya berupa Web saja porsinya jauh lebih sedikit yaitu 12%.

Jika kita lihat dari sisi platform, Android masih menjadi primadona dengan 36%. Hal ini sejalan dengan besaran marketshare – menurut IDC- dari Android dibandingkan dengan iOS yaitu 86.8 % berbanding 12.5 % pada akhir kuartal ketiga 2016. Tentunya bagi startup ataupun enterprise akan menyasar mulai dari platform yang paling banyak digunakan, kecuali untuk perusahaan yang menyasar kalangan atas. Platform Windows kami lihat masih ada, meskipun tidak banyak. Permintaan ini biasanya datang dari enterprise yang sudah berinvestasi menggunakan tablet Windows di perusahannya.

Dari kategori solusi, mobile workforce merupakan kategori terbesar yang kami lihat tahun 2016. Meskipun klien Radya Labs tidak semuanya masuk kategori startup tetapi hal ini sejalan dengan laporan DailySocial yang mengungkapkan on-demand business/technology  akan terus naik permintaannya, terutama dari startup. On-demand tech yang notabene akan membutuhkan aplikasi mobile untuk workforce yang bekerja memenuhi layanan yang diminta pelanggan merupakan kategori yang kami lihat paling dominan . Selain itu, kebutuhan mobile workforce dari enterprise juga meningkat dari tahun sebelumnya, mulai dari kebutuhan untuk sales force automation atau task management. Secara spesifik dari sisi enterprise, mobile dan compatibility merupakan dua aspek yang sangat diperhatikan. Aspek kompatibilitas ini diantaranya menggunakan teknologi yang sudah umum dipake in-house development team seperti teknologi Microsoft. Disini Xamarin muncul sebagai opsi yang menarik karena suatu solusi mobile dapat dikembangkan dengan bahasa C# dan .NET yang banyak dikuasai di korporasi. Radya Labs banyak melakukan kegiatan edukasi, baik berupa kegiatan komunitas maupun kegiatan pelatihan terstruktur untuk perusahaan, seperti yang kami lakukan di .NET TV dan Bina Nusantara, serta kegiatan komunitas yang ternyata juga dihadiri developer dari perusahaan pada acara Xamarin Developer Day November lalu.

Consumer berada pada urutan berikutnya. Namun pada kategori ini, teknologi atau skenario aplikasi spektrumnya sangat lebar, mulai dari music streaming, commerce hingga reader app. Karenanya setiap pekerjaan biasanya tidak saling berhubungan. Kategori Fintech, berada pada urutan ketiga. Fintech memang menjadi topik yang sangat berkembang di tahun lalu. Terbukti hingga pemerintahpun melalui OJK menyelenggarakan berbagai kegiatan terkait ini dan sedang menyiapkan aturan terkait Fintech. Belum lagi asosiasi yang dibentuk beberapa perusahaan swasta yang bergarak di ranah jasa keuangan. Dan inipun juga sejalan dengan prediksi dari DailySocial sepanjang 2016. Bank, asuransi dan multi-finance mulai memikirkan untuk dapat masuk ke ranah konsumen lebih dekat lagi, tentunya dengan mengadopsi teknologi digital. Asuransi Zurich merupakan salah satu contoh perusahaan yang berhasil masuk ke ranah digital melalui aplikasi Teman Baik yang dirilis pertengahan tahun ini. Sementara, itu beberapa bank meluncurkan aplikasi e-money mereka seperti Sakuku, e-Cash dan GoPay. Dan beberapa pergerakan produk keuangan yang mengincar niche market juga semakin marak. Menambahkan layer vertikal dari layanan umum bank yang sudah berjalan seperti biasa.

Radya Labs, sebagai perusahaan penyedia solusi mobilitas sangat tertarik untuk membantu lebih banyak lagi perusahaan berkembang dan beradaptasi di era digital ini. Menurut survey yang kami rilis ke klien yang pernah bekerjasama, kami mendapatkan nilai yang sangat menggembirakan. Aplikasi mobile yang kami bantu kembangkan dan di rilis di toko aplikasi juga memiliki rating yang baik, rata-rata 4.5. Kami tidak sabar, untuk menantikan petualangan baru bersama perusahaan Anda.

Semoga tahun 2017 menjadi tahun yang penuh kesuksesan untuk kita semua.

1 Opportunity kami definisikan sebagai permintaan klien, baik berupa RFP ataupun pernyataan ingin minta dibuatkan aplikasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s