Windows Phone DEV CAMP Jogjakarta

Pada tanggal 5-6 November 2011 kemaren saya berkesempatan untuk menghadiri kegiatan Windows Phone DEV CAMP regional Jogjakarta. Acara ini merupakan gelaran ke-3 setelah sebelumnya saya berkeliling ke Jakarta dan Surabaya.

Workshop berlangsung selama dua hari. Pada hari pertama kita memulai kegiatan dari jam 9 hingga jam 4 sore. Sedangkan pada hari kedua, kita mulai pukul 10 (setelah potong qurban) dan berakhir pukul setengah 5 sore. Kegiatan ini dilangsungkan di Lab Jaringan Komputer Teknik Elektro Universitas Gadjah Mada dan dihadiri kurang lebih 30 orang. Sejumlah mahasiswa hadir dari UGM, UTY, UKDW, dan STIMIK.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Dalam dua hari ini kami membahas :

  1. Overview pengembangan aplikasi di Windows Phone
  2. Visual Studio 2010
  3. Silverlight for Windows Phone
  4. Accessing Data from Windows Phone
  5. Sedikit tentang tombstoning
  6. App-exchange : layanan bagi developer di area yang belum mengizinkan developernya mendaftar ke AppHub secara langsung.

Di akhir workshop, 21 peserta berhasil menyelesaikan aplikasinya dan langsung melakukan proses submission ke app-exchange. Jika tidak ada aral melintang dalam beberapa waktu ke depan aplikasi mereka sudah dapat dinikmati oleh jutaan pengguna windows phone device.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Sejumlah aplikasi cukup membuat saya tertarik. Beberapa aplikasi membahas tentang education, misalnya ada yang membuat aplikasi tabel periodik, tabel rumus fisika, dan rumus geometri. Beberapa membuat aplikasi yang sarat dengan unsur budaya seperti batik, wayang dan jamu tradisional. Ada pula yang membuat aplikasi tentang girl band korea, aplikasi untuk belajar chord piano dan banyak lagi. Berikut ini saya berikan beberapa screenshot aplikasi yang berhasil dibuat.

1bt2en2ge1gg1gg2jamu1oc2pc3pt3pt4tw2bn1epl1fm1gdg1gr1hh4ht1jc2jj2km3kopi2os1

Secara umum, workshop kali ini berjalan baik ,peserta nya antusias dan sangat memiliki semangat untuk mengikuti hingga menyelesaikan aplikasi. Salut, buat developer Jogja!

One thought on “Windows Phone DEV CAMP Jogjakarta

Leave a comment