Keping-Keping Periode November 2011

Ini adalah blogpost yang terlambat beberapa hari. Tadinya saya pikir saya bisa menggunakan alasan kuliah dan pekerjaan untuk bilang “Tidak sempat ngeblog, karena sibuk “ tapi setelah saya melihat bagaimana konsistensi Pak Budi Rahardjo dalam mengelola blognya, saya mengurungkan niat. Siapa saya berani bilang sibuk dan gak bisa ngeblog sementara Pak Budi pastinya lebih sibuk namun tetap konsisten mengisi postingan di blog nya.

Anyway, kita sudah masuk bulan Desember 2011, tidak terasa sekali ( atau sangat terasa ?) . Seri Keping-Keping ini pun masuk ke episodenya yang ke –11. Saya coba akan rangkum ada apa saja di Bulan November ini :

  1. Pada 2 November, CHIP meluncurkan majalah edisi spesial tentang Mobile Development dan saya berksempatan untuk mengisi 4-5 halaman mengenai pengembangan aplikasi di Windows Phone. Majalahan ini dibagian gratis di acara INAICTA 2011 dan Indocomtech 2011.
  2. Pada 5-6 November, saya berkesempatan untuk mengisi training di UGM,untuk materi WIndows Phone. Ini merupakan kegiatan DEV CAMP terbaik menurut saya sejak di Jakarta,Surabaya dan Jogjakarta. Anak-anaknya antusias, mau belajar dan semangat untuk mengerjakan aplikasi . Tak kurang dari 20++ aplikasi selesai pada hari kedua dan sudah ada 4 aplikasi yang publish di Marketplace.
  3. Nah, 13 November adalah salah satu hari bahagia untuk sepupu saya , anak bungsu dar Uwa di Bandung. Kami ikut mengantar ke daerah Rancaekek,tempat dilaksanakannya akad nikah dan resepsi. Meski paling bungsu, namun sepupu saya berhasil mendahului kakak-kakanya Smile . Senang sekali melihat acara nikahan,jadi terinspirasi # loh.
  4. Tanggal 15 November,diselengarakan National ICT Expo,dimana UIN Jakarta menjadi co-host acara tersebut. Ada satu hari sesi workshop dimana saya diundang oleh rekan MUGI UIN Jakarta, Abdul dan Fajar. Sayangnya tidak sampai terlalu dalam yang disampaikan karena keterbatasan waktu. Sekitar 30 orang hadir diacara tersebut dan kita banyak diskusi mengenai teknologi Windows Phone dan bagaimana peluang-peluang developer ke depannya.
  5. Tanggal 16 November, diselenggarakan Microsoft Techdays di Jakarta dengan topik PHP on Windows . Kebetulan beberapa bulan yang lalu saya dibantun rekan @roraj menulis ebook PHP Azure SDK. Karena itu diacara ini saya diminta untuk melakukan demo pemrograman PHP di Windows, ya Windows. Dan menariknya di acara tersebut pure tidak ada menggunakan tools Visual Studi sama sekali. Ckup Eclipse karena memang Eclipse sudah mendukung pengembangan aplikasi PHP Azure.
  6. Akhir Bulan, tanggal 22-24 November, MIC ITB menyelenggarakan kegiatan yang dinamakan MIC ITB Code Camp. Event ini merupakan bagian dari acara yang lebih besar yaitu ITB DMF. Nah di event ini , kita melakukan workshop dan sekaligus peserta diharapkan untuk membuat aplikasi terbaiknya. Ada 137 aplikasi yang berhasil selesai dari 230 peserta dan lima aplikasi terbaik diganjar oleh hadiah Nokia Lumia yang sudah mengusung OS WIndows Phone 7.5 Kegiatan ini dari sisi jumlah peserta dan jumpah aplikasi yang dihasilkan merupakan yang terbesar dunia. Acara ini didukung oleh Microsoft Indonesia dan Nokia Indonesia.
  7. Univ Maranatha mengadakan One-Day Workshop Windows Phone dikampusnya pada tanggal 26 November 2011. Saya yang kebetulan kenal dengan salah seorang dosen disana karena sama-sama mengambil kuliah S2 di ITB diundang untuk memberikan materi. Ternyata temen-temen Maranatha sudah menguasai C# dan Visual Studio dengan baik sehingga materi yang disampaikan bisa fokus tentang Silverlight dan Windows Phone itu sendiri. Tidak ada aplikasi yang dihasilkan karena waktu yang terbatas,saya memilih untuk menyampaikan materi dan sedikit Hands-On tanpa coding session seperti workshop-workshop yang lalu.
  8. IF Association, perkumpulan alumni IF ITB yang memiliki/mendirikan perusahaan IT mengadakan kumpul sharing knowledge. Nah untuk sesi ini diundanglah Pak Budi Rahardjo, dosen STEI ITB yang juga malang melintang di dunia enterprenuer dan security. Beliau membawakan topik Product Development. Pak Budi selalu bilang , “passion first,money later” . Berlakukah untuk kita semua ? Smile with tongue out
  9. Akhir November saya tutup dengan pertemuan bersama rekan @adipersada. Bagi yang belum kenal beliau,adalah salah satu pengajar muda angkatan pertama dalam gerakan Indonesia Mengajar. Saya mengikuti blog pak guru ini selama ia mengajar dan dari tulisan-tulisannya banyak yal yang sangat bisa kita renungkan,dan menginspirasi kita. Acara kumpul mendadak ini berlangsung di HQ nya Starqle dan bersama “komedian” @tarabaskara,@iqbalfarabi,@aqsath dan @praw . Sayang Pak dosennya terlalu cape sehingga cepet tidurnya, malah kita jadi ngelantur ngomongin hal lain.

WP_000426

 

Foto pilihan untuk postingan ini adalah hari pernikahan sepupu saya. Entah apa yang terpikir,darah kadiv media ini tergerak untuk melakukan dokumentasi via handphone. Tampak sepupu agak tegang sebelum ijab kabul dilaksanakan.

Nah, Saat ini sudah memasuki bulan Desember dan saya harus berjibaku dengan ujian akhir semester. Semoga bisa bercerita hal-hal yang menyenangkan setelah ujian. Sampe ketemu di keping-keping Desember, sudah pada berpikir mengenai target yang ingin dicapai tahun 2012 ?

3 thoughts on “Keping-Keping Periode November 2011

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s